Berita

Latihan SAR Udara Wilayah Kabupaten Bogor Ditutup

Latihan SAR Udara Wilayah Kabupaten Bogor Ditutup
#TNIAU 

TNI AU. Lanud Atang Sendjaja-Bogor (28/8). Setelah menjalani latihan selama tiga hari, pelaksanaan latihan SAR Udara Wilayah Kabupaten Bogor ditutup. Upacara penutupan latihan dipimpin oleh Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Atang Sendjaja (Lanud Ats), Kolonel Pnb Kargono, mewakili Komandan Lanud Atang Sendjaja (Danlanud Ats), Marsma TNI Eding Sungkana, S.AB., M.Tr (Han)., ditandai dengan penanggalan tanda peserta latihan, bertempat di lapangan apel Dinas Operasi Lanud Ats, Rabu (28/8/2019).

Dalam sambutan tertulisnya, Danlanud Ats menyampaikan apresiasi atas keseriusan yang ditunjukan oleh seluruh peserta latihan. “Selama latihan berlangsung, para peserta telah memperlihatkan semangat dan disiplin serta penuh kesungguhan hati dalam mengikuti seluruh program latihan”, ujar Danlanud Ats.

Lebih lanjut, Danlanud Ats mengungkapkan bahwa setiap peserta telah berusaha melaksanakan tugasnya masing-masing sesuai apa yang diarahkan para instruktur, sehingga latihan berjalan dengan aman dan selamat. “Karena itu saya berharap berbagai ilmu yang telah saudara-saudara peroleh, dapat dimanfaatkan pada pelaksanaan tugas SAR yang sesungguhnya,” ujar Danlanud Ats.

Meiga, salah satu peserta yang berasal dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bogor mengungkapkan rasa bangganya telah menjadi bagian dari peserta latihan SAR Udara ini. “Saya mengucapkan terima kasih terutama kepada pihak Lanud Ats karena telah memberikan ilmu tentang SAR udara yang sangat bermanfaat dalam mendukung tugas-tugas kami ke depan”, ungkap Meiga.

Hal senada disampaikan Rahman yang merupakan anggota Satpol PP Kabupaten Bogor atas kesempatan yang diterimannya mengikuti latihan SAR udara ini. “Ini pengalaman yang sangat berharga bagi saya, sekaligus mengajarkan kepada saya bagaimana melakukan tugas kemanusiaan ini untuk dapat membantu orang yang mengalami musibah terutama bencana alam”, jelas Rahman.

Selama pelaksanaan latihan SAR udara, para peserta menerima materi tentang pengendalian zona bahaya helikopter dan landing zona, komponen SAR, teknik pencarian dan evakuasi, navigasi darat, dan Pengungsian Medic Udara (PMU).

“Seperti yang telah disampaikan Danlanud Atang Sendjaja dalam sambutan tertulisnya, harapan kami, ilmu tentang SAR udara yang telah diberikan kepada seluruh peserta dapat dimanfaatkan secara maksimal pada tugas-tugas SAR yang sesungguhnya”, ujar Kadisops, Kolonel Pnb Kargono usai upacara penutupan.

Hadir pada upacara pembukaan latihan SAR Udara wilayah Kabupaten Bogor, bapak H. Topik, Ketua Tagana Kabupaten Bogor, bapak Sigit Wibisono, Sekdis Damkar Kab. Bogor, bapak Burhan, Staf Pelatihan Damkar, bapak Tanu Wahyudin, Kasi Penyelamatan dan Pertolongan Darurat kab. Bogor, bapak Saefudin, Kepala Markas PMI Kab. Bogor, bapak H. Supendi, SE., MA., Kabid Perlindungan Masyarakat Satpol PP Kab. Bogor, serta para pejabat Lanud Ats.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel