Berita

LATIHAN SIKATAN DAYA DI TUTUP DI LANUD ABD SALEH

Dibaca: 2 Oleh 02 Sep 2010Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Setelah empat hari kegiatan Latihan Sikatan Daya 2010 dilaksanakan di jajaran Koopsau II dan Daerah Pandan Wangi Lumajang Jawa Timur yang dimulai tanggal 30 Agustus sampai dengan 2 September 2010, pada hari ini Kamis (2/9) latihan tersebut ditutup oleh Pangkoopsau II Marsekal Muda TNI R. Agus Munandar di ikuti para pejabat jajaran Koopsau II dan seluruh anggota Lanud Abd Saleh bertempat di Taxy Way Lanud Abd Saleh.

Dalam sambutannya Pangkoopsau II menjelaskan bahwa latihan Sikatan Daya yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini sangat penting artinya bagi TNI Angkatan Udara dalam upaya mencapai tingkat kesiapan operasional yang tinggi.  Selain itu, latihan ini juga dalam rangka pembinaan profesionalisme bagi para awak pesawat.

Sebagai salah satu Kotama operasi TNI, Koopsau II senantiasa harus siap menghadapi tugas-tugas operasi, lanjutnya. Dengan demikian, tingkat kemampuan dan kesiapan operasionalnya perlu terus dibina dan ditingkatkan.  Demikian juga langkah-langkah evaluasi atas kemampuan dan kesiapan operasional satuan jajaran beserta unsur-unsurnya perlu terus dilakukan secara cermat.

Baca juga:  Ribuan Prajurit TNI Wilayah Makassar Menerima Pengarahan Panglima TNI di Lanud Sultan Hasanuddin

Dalam latihan ini, setiap peserta telah diuji tingkat kemampuan, ketrampilan, ketepatan dan kecepatan dalam melaksanakan tugas yang menjadi tanggung jawab masing-masing satuan.  Melalui latihan antar satuan semacam ini dapat diketahui secara nyata kemampuan dan kesiapan operasional tiap satuan jajaran. 

Latihan melibatkan Pelaku, Komando Latihan dari Lanud jajaran Koopsau II, yaitu Lanud Iswahyudi Madiun, Lanud Sultan Hasanuddin Makassar dan Lanud Abd Saleh ini dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan. 

Pangkoopsau II menambahkan, salah satu faktor keberhasilan dari latihan ini adalah disiplin yang tinggi serta terjalinnya koordinasi yang baik dari seluruh Pelaku dan Komando Latihan dalam melaksanakan tugasnya. Diharapkan kepada anggota yang terlibat agar sekembalinya ke satuan masing-masing agar lebih meningkatkan lagi kemampuannya sehingga kita selalu siap jika dibutuhkan sewaktu-waktu.

Sebelum Latihan Sikatan Daya ditutup, dilakukan latihan pengintaian oleh pesawat casa 212 dan Boing 737, selanjutnya pengeboman oleh pesawat tempur sukhoi,  F 16, F 5, Hawk MK 53, dan penerjunan oleh anggota Batalyon Paskhas 464 oleh pesawat Hercules di Desa Pandanwangi Lumajang Jawa Timur.          

Baca juga:  Lanud Sulaiman Buka Kursus Teknik

Dalam Latihan tersebut semuanya dapat berjalan dengan baik, aman, lancar dan tepat sasaran. Pangkoopsau II yang didampingi Komandan Lanud Abd Saleh beserta pejabat Lanud lainnya merasa puas dengan latihan sikatan daya 2010 ini.  Semoga latihan tahun berikutnya lebih dapat ditingkatkan lagi.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel