Berita

Latihan Survival Dasar “Bima Sakti ke-41” Tahun 2021 di Lanud Abd Saleh

Dibaca: 10 Oleh 03 Feb 2021Tidak ada komentar
Latihan Survival Dasar “Bima Sakti ke-41” Tahun 2021 di Lanud Abd Saleh
#TNIAU 

TNI AU.  Komandan Pangkalan TNI AU (Lanud) Abdulrachman Saleh, Malang Marsekal Pertama TNI Wayan Superman membuka Apel gelar Kesiapan dan Pembukaan Latihan Survival Dasar Bima Sakti Angkatan ke-XLI tahun 2021 Lanud Abdulrachman Saleh di Lapangan Titik Muat, Senin (1/2/2021). Latihan Survival Dasar “Bima Sakti” ke-XLI tahun 2021 ini diagendakan selama lima hari (dua hari persiapan di home base, tiga hari kegiatan di daerah latihan).

Dalam sambutannya Danlanud Abd Saleh yang merupakan Pimpinan Umum Latihan mengatakan, “Sebagai salah satu pangkalan udara operasi di jajaran TNI AU, para personel yang bertugas di Lanud Abdulrachman Saleh dituntut untuk senantiasa memiliki kesiapan melaksanakan berbagai operasi udara dalam berbagai medan dan cuaca. Hal ini dikarenakan terdapatnya tiga skadron udara yakni skadron udara 4, 21 dan 32 dengan dua tipe pesawat udara yaitu pesawat angkut serta  pesawat tempur. Khusus awak pesawat angkut yang jumlahnya banyak saat terbang, pengetahuan dan keterampilan survival adalah sesuatu yang melekat. Sehingga soliditas crew harus terpelihara  guna menghadapi keadaan yang cepat berubah.”

Baca juga:  Kasau : Bangun Prestasi dan Karakter Kejuangan Sejak Dini

“Mengingat kondisi saat ini masih pandemi covid-19, maka daerah latihan di laksanakan dalam lingkungan Lanud Abdulrachman Saleh. Untuk materi hutan dan laut/air, sebisa mungkin diupayakan untuk dilaksanakan, agar peserta merasakan seperti keadaan sesungguhnya. Oleh karena itu kuatkan mental, berdisiplin dan patuhi pelatih,” tegas Marsekal Pertama TNI Wayan Superman.

Menurut Kolonel Pnb toto Ginanto, S.T., M.A.P., selaku Dirlat Latihan Survival Dasar “Bima Sakti ke-41”, latihan diikuti oleh sekitar 30 peserta dari Lanud Abdulrachman Saleh yang dibagi dalam 2 kelompok dengan daerah latihan di lingkungan Lanud Abdulrachman Saleh. Walaupun di laksanakan di dalam lingkungan Lanud Abdulrachman Saleh, materi latihan yang terdiri dari teori di kelas dan praktek lapangan sedapatnya dapat seperti kegiatan sesungguhnya, agar para peserta memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan.

Apel Gelar Kesiapan dan Pembukaan Latihan Survival Dasar Bima Sakti ke-XLI diikuti oleh pejabat Lanud Abdulrachman Saleh, peninjau dari Koopsau II, Yonko 464 Paskhas dan Denmatra 2 Paskhas.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel