Berita

LATIHAN SURVIVAL DASAR ”LANCANG KUNING 2012” DI LANUD PEKANBARU BERAKHIR

Dibaca: 2 Oleh 14 Mei 2012Tidak ada komentar
LATIHAN SURVIVAL DASAR ”LANCANG KUNING 2012” DI LANUD PEKANBARU BERAKHIR
#TNIAU 

Setelah melaksanakan latihan survival dasar selama dua hari, dari tanggal 11 sampai 12 Mei 2012, Komandan Lanud Pekanbaru, Kolonel Pnb Bowo Budiarto, S.E menutup secara resmi Latihan Survival Dasar ”Lancang Kuning 2012” di Danau Buatan Rumbai Pekanbaru, Sabtu (12/5). Upacara penutupan tersebut ditandai dengan pelepasan tanda peserta latihan oleh Danlanud Pekanbaru.

Komandan Lanud Pekanbaru, Kolonel Pnb Bowo Budiarto, SE dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan berakhirnya Latihan Survival Dasar ini, para peserta latihan diharapkan telah memperoleh bekal pengetahuan dan keterampilan dasar tentang bentuk-bentuk latihan “Jungle And Sea Survival”. Tujuannya untuk digunakan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas di lapangan serta untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya suatu kecelakaan dalam misi penerbangan. Dengan demikian para awak pesawat mampu mempertahankan hidup, baik di laut maupun di hutan setelah terjadi pendaratan darurat secara optimal untuk berlatih mengembangkan teknik dan taktik dasar survival secara bertahap, bertingkat, dan berlanjut. Dan diharapkan para peserta mampu menghayati serta memperoleh manfaat yang kelak dapat dikembangkan lebih lanjut dalam Latihan Survival Tempur tingkat Koops maupun dalam tugas-tugas nyata di lapangan.

Lebih lanjut Danlanud mengharapkan, dengan dilaksanakannya Latihan Survival Dasar ini agar benar-benar dapat dimengerti dan dihayati, sehingga pada gilirannya nanti bila dihadapkan pada Latihan Survival Tempur atau berada dalam medan tugas yang sebenarnya akan mampu melaksanakan survival dengan baik. Dalam latihan survival ini, tentunya kalian telah disegarkan ingatannya, bahwa untuk bertahan hidup di dalam suatu kondisi darurat, tidak cukup hanya bermodalkan kemauan saja, akan tetapi juga mutlak diperlukan pengetahuan cara-cara survival itu sendiri. Dimana prinsip survival bagi seorang awak pesawat adalah bagaimana ia dapat memelihara kesehatan dan kelangsungan hidupnya dengan mengatasi berbagai situasi ekstrim, serta berusaha untuk kembali dimana ada kehidupan normal atau menuju pasukan induk kawan.

Dari kegiatan pelatihan tersebut diharapkan dapat terwujudnya kemampuan personel maupun awak pesawat dalam menghadapi keadaan darurat, mampu bertahan hidup di darat dan di air serta terwujudnya mental dan fisik yang kuat dalam menghadapi kemungkinan terjadi emergency penerbangan bila dihadapkan dengan tugas pokok Lanud Pekanbaru.

Baca juga:  Halal Bihalal di Wingdiktekkal

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel