TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Latihan Survival Dasar Mutlak Diperlukan

By 26 Feb 2018Berita, Foto
IMG_9259

TNI AU. Pelaksanaan latihan Survival dasar yang bertajuk “Latihan Survival Dasar Sangga Langit Tahun Anggaran 2018” secara resmi dibuka oleh Komandan Lanud Ats, Marsma TNI Irwan Is. Dunggio, S.Sos., bertempat di Main Apron Lanud Atang Sendjaja Bogor, Senin (26/2). Upacara pembukaan ditandai dengan, penyematan tanda Peserta Latihan kepada perwakilan peserta latihan.

Dalam kata sambutannya Komandan Lanud Atang Sendjaja mengatakan, bahwa latihan survival dasar yang akan dilaksanakan ini, sebagian besar peserta sudah mengenal dan bahkan pernah melaksanakannya walaupun dengan tema yang berbeda. “Oleh sebab itu, latihan ini anggap sebagai bentuk penyegaran kembali dan tidak melihatnya sebagai sebuah beban, namun tetap sungguh-sungguh dalam melaksanakannya”, ungkap Danlanud Ats.

Lebih lanjut Marsma TNI Irwan Is. Dunggio, S.Sos., menyampaikan, pentingnya latihan survival dasar ini. “Latihan survival dasar ini mutlak diperlukan bagi setiap awak pesawat sebagai bekal dalam melaksanakan operasi penerbangan yang penuh dengan tantangan dan beresiko tinggi. Resiko tersebut tidak pernah kita harapkan, namun mengantisipasinya menjadi sebuah keharusan, melalui latihan-latihan yang dilaksanakan secara sungguh-sungguh”, jelasnya.

“Tujuan dari latihan survival dasar ini adalah untuk mempersiapkan fisik maupun mental peserta, agar mampu menghadapi keadaan darurat, baik di darat maupun di laut untuk menyelamatkan diri pada saat mengalami musibah dalam melaksanakan missi penerbangan, sehingga para peserta mampu mengenali berbagai bentuk ancaman, rintangan serta dapat bertahan hidup dengan memanfaatkan medan yang ada hingga datangnya petugas search and rescue memberikan pertolongan”, pungkas Marsma Irwan Is. Dunggio, S.Sos.

Kepada para peserta, Danlanud Ats mengharapkan agar dapat memanfaatkan seluruh rangkaian kegiatan latihan dengan maksimal, namun tetap memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan, mematuhi semua ketentuan dan perintah yang diberikan oleh para pelatih, agar latihan ini dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar. Danlanud Ats juga mengingatkan agar para peserta latihan dapat bekerjasama dengan aparat setempat terutama masyarakat yang langsung berintekrasi dengan peserta, harus saling menghormati, serta pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI.

IMG_9277

Penyematan tanda peserta latihan Survival oleh Danlanud Ats, bertempat di Main Aperon Lanud Atang Sendjaja Bogor, Senin (26/2/2018).

Hadir pada pembukaan “latihan Survival Dasar Sangga langit Tahun Anggaran 2018”, Danwing 4 Lanud Ats, Kolonel Pnb Bambang Juniar D, S.Sos., Para Kepala Dinas, para Komandan Satuan, serta Perwira Staf Lanud Atang Sendjaja, dan Peserta latihan.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Latihan Survival Dasar Mutlak Diperlukan