Berita

Latihan Survival Dasar Resmi Ditutup

Latihan Survival Dasar Resmi Ditutup
#TNIAU 

TNI AU.  Komandan Pangkalan TNI AU (Danlanud) Supadio Marsma TNI Palito Sitorus, S.I.P., M.M yang diwakili Komandan Skadron Udara 1 Letkol Pnb I Gusti Ngurah Adi Brata secara resmi menutup Latihan Survival Dasar melalui upacara Militer.  Upacara penutupan berlangsung di areal danau Movistar Desa Kuala Dua, Kec. Sungai Raya, Kab. Kubu Raya, Jum’at (14/2/2020).   

Penutupan latihan ini ditandai dengan pelepasan tanda peserta, penyerahan sertifikat dan pemasangan brevet Survival serta pembacaan laporan pelaksanaan latihan oleh Mayor Pnb Syaifuddin mewakili Komandan Wing Udara 7 Kolonel Pnb Reka Budiarsa selaku Direktur Latihan (Dirlat).  Turut hadir para Komandan Satuan (Dansat) serta segenap para prajurit dijajaran Lanud Supadio.  

Danlanud Supadio dalam sambutannya mengatakan latihan survival yang baru saja dilaksanakan berguna untuk melatih dan menambah pengetahuan para peserta latihan, khususnya awak pesawat tentang cara-cara mempertahankan hidup dari kesulitan-kesulitan yang ditemui bila mengalami keadaan darurat dalam melaksanakan tugas operasi.

Dengan selesainya latihan ini, lanjut Danlanud, maka harus dilakukan evaluasi tentang keseluruhan pelaksanaan latihan survival dan juga dicari faktor-faktor yang menghambat dalam latihan sehingga dimasa mendatang latihan ini dapat meningkat mutunya.

“Dengan berakhirnya latihan survival ini maka para peserta telah mempunyai tambahan pengalaman yang berguna dalam pemantapan disiplin, ilmu taktik dan ketahanan mental serta fisik dalam melaksanakan survival dasar,” jelas Danlanud.

Ditempat yang sama, Danskadron Udara 1 menambahkan latihan survival yang berlangsung selama dua hari dapat berjalan dengan lancar dan aman serta telah sesuai dengan skenario latihan.   “Pencapaian ini berkat kerja keras dan kerjasama yang baik dari semua personel yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam latihan survival ini,” pungkasnya.

Salah seorang peserta latihan, Nindya (22) sangat berterima kasih kepada Lanud Supadio yang telah memberikan kesempatan kepada dirinya untuk mengikuti latihan survival. “Saya senang dan bangga dapat ikut latihan survival ini karena ini pengalaman pertama dan sangat berharga.  Semoga anggota Menwa dapat dikutkan lagi dalam latihan survival yang akan datang,” ujar anggota Menwa Mahapura.

Baca juga:  Dukung Program Pemerintah, TNI AU Tingkatkan Maritime Air Support

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel