Berita

Latihan Survival Tempur Koopsau I di Daerah Rumpin Bogor

WhatsApp_Image_2019-03-25_at_23.03.37
#TNIAU #TNI-AU

TNI AU. Setelah dibuka secara resmi oleh Kaskoopsau I, para pelaku latihan survival tempur Koopsau I dengan sandi “Madhi Yudha 2019” langsung mengikuti sejumlah latihan yang diselenggarakan di daerah Rumpin, Bogor, Senin (25/3)

Setibanya di daerah latihan, para pelaku langsung disambut dengan dentuman TNT di depan Mako Satbravo, Rumpin, Bogor. Setelah menerima sejumlah petunjuk dan arahan dari para pelatih, seluruh pelaku melaksanakan menembak pistol secara berkelompok.

Para pelaku kemudian melaksanakan perjalanan yang diskenariokan sebagai upaya penyelamatan diri dari kejaran musuh di daerah operasi.

Selama perjalanan tersebut, para pelaku berupaya menyelamatkan diri dari berbagai tantangan, baik dari ancaman pihak musuh maupun tantangan alam yang cukup berat, mulai dari penyebrangan basah, turun tali, merayap tali, peluncuran dan sejumlah tantangan alam lainnya di daerah latihan.

Para pelaku juga dibekali dan dikenalkan dengan berbagai pengetahuan yang terkait dengan cara bertahan hidup di alam terbuka, seperti mengenal sejumlah jenis tanaman yang bisa dimakan dan cara praktis mendapatkan air yang bisa untuk diminum.

Selanjutnya para pelaku juga melaksanakan kompas malam yang diskenariokan sebagai upaya menuju tempat aman dengan titik koordinat yang telah diberikan. Kemudian para pelaku mengikuti latihan caraka malam. Selama melaksanakan caraka malam para pelaku melewati sejumlah gangguan dan hambatan dari pihak musuh.

Pada latihan caraka malam ini, para pelaku diskenariokan tertangkap oleh pihak musuh dan diinterogasi dengan berbagai cara agar mau memberikan sejumlah informasi yang dibutuhkan oleh pihak musuh. Pada latihan ini para pelaku harus mampu bertahan dari berbagai tekanan dan intimidasi agar tidak membocorkan informasi penting kepada pihak musuh.

Latihan Survival tempur Koopsau I ini direncanakan akan berlangsung selama 3 hari dan diikuti oleh sejumlah awak pesawat yang ada di satuan jajaran Koopsau I.

Leave a Reply