Pustaka

Latihan TNI Dititikberatkan pada Penanggulangan Teror

Dibaca: 9 Oleh 01 Feb 2012Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Senin, 30/01/2012 – 15:46

SOREANG, (PRLM).- Latihan TNI lebih menitik beratkan pada penanggulangan teror, aplikasi taktik dan teknik untuk mengimplementasikan strategi dalam mengatasi aksi terorisme. Hal itu sebagai bentuk kesiapsiagaan operasional satuan TNI dalam menghadapi kemungkinan serangan teroris yang mengancam kedaulatan NKRI.,

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E. dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Operasi Panglima TNI Maijen TNI Hambali Hanafiah pada pembukaan Latihan Penanggulan Teror TNI Tri Matra VI Tahun 2011 yang berlangsung di Lapangan Merah, Markas Komando Korpaskhas, Lanud Sulaiman. Senin (30/1).

“Situasi nasional di awal tahun 2012 menghadapi sejumlah gangguan keamanan. Di berbagai daerah aksi-aksi kelompok bersenjata dan separatis yang masih bergerilya di Papua dan Aceh, berbagai benturan fisik antar masyarakat serta aksi-aksi kelompok tertentu yang menimbulkan ancaman dalam masyarakat,” katanya.

Hasil Rapin TNI tahun 2012 menentukan meskipun masalah keamanan dan ketertiban masyarakat menjadi tugas dan tanggung jawab Kepolisian negara, TNI harus turut serta dalam mencegah timbulnya aksi ganguan keamanan maupun aksi terorisme yang membahayakan keutuhan negara.

Baca juga:  LATIHAN MILITER : TNI Akan Manfaatkan Penempatan Marinir AS di Darwin

“Kita perlu menentukan langkah-langkah strategis dan upaya yang di wujudkan dengan melaksanakan berbagai bentuk latihan penanggulangan teror. Latihan penanggulangan teror Tri Matra ke VI TA 2011 kali ini melibatkan Satuan tugas Gabungan Pasukan TNI seperti Kopassus, Denjaka dan Denbravo 90 Paskhas,” katanya.

Penyelengaraan latihan Penanggulangan Teror TNI Tri Matra VI selama tiga hari sampai Rabu (2/2) merupakan latihan tertunda yang seharusnya dilaksanakan Juli 2011 lalu.

Hadir pada kesempatan tersebut Pangdam III Siliwangi Mayjen Muldoko, Danjen Kopasus Mayjen TNI Wisnu Bawatenaya, Dankorpaskhas Marsekal Pertama Amarullah, serta pejabat Tinggi TNI dan Polri dan pejabat Pemkab Bandung.

Sumber: http://www.pikiran-rakyat.com/node/174906

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel