Berita

Latihan Tutuka Kohanudnas : PESAWAT TNI AU SIAGA DI MAKASAR DAN BIAK

Dibaca: 8 Oleh 25 Sep 2013Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Dalam rangka Latihan puncak Kohanudnas “Tutuka”ke-37 tahun 2013 yang berlangsung hingga 26 September mendatang, sejumlah pesawat tempur TNI Angkatan Udara disiagakan di Lanud Sultan Hasanuddin Makasar dan Lanud Manahua Biak, Selasa (24/9).

Satu flight Sukhoi dari Skadron Udara 11 disiagakan di Lanud Hasanudin Makassar dan di Lanud Manahua Biak satu flight F-16 Fighting Falcon dari Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi Madiun. Selain itu, juga turut disiapkan pesawat Boing 737 Skadron intai dari Lanud Sultan Hasanuddin, helikopter dari Skadron 8 Lanud Atang Senjadja Bogor, KRI yang mempunyai Pertahanan Udara serta Batalion Arhanudse 8 Sidoarjo. Pesawat-pesawat tersebut untuk melaksanakan operasi berpatroli di wilayah udara Indonesia Timur hingga Papua Barat.

Panglima TNI Jendral TNI Moeldoko dalam amanatnya yang dibacakan Kasum TNI Marsdya TNI Boy Syaril Qamar pada pembukaan latihan mengatakan, dalam perkembangan dunia yang terus berubah saat ini Indonesia masih akan dihadapkan pada potensi dampak perang asimetrik atau perang generasi keempat, dan Indonesia berada dalam posisi asimetrik terhadap permasalahan regional maupun global. Untuk itu, dalam menyelenggarakan pertahanan dan keamanan negara TNI memerlukan kreativitas dan koreksi terhadap keseimbangan penguasaan wilayah dan kekuatan nasional, guna menghadapi segala bentuk ancaman.

Baca juga:  LETKOL PNB DAAN SULFI JABAT KADISOPS LANUD SURYADARMA

Mencermati kondisi nasional yang belum kokoh, tingginya pertentangan politik, tingkat kesejahteraan yang belum sesuai harapan, maka potensi perang asimetrik tampak lebih riil dari potensi invasi oleh negara asing dan Kohanudnas sebagai kekuatan pertahanan udara nasional diharapkan dapat melaksanakan segala upaya guna mengamati, mengidentifikasi, menangkal dan menindak segala bentuk ancaman yang timbul melalui media udara.

Hadir pada pembukaan latihan Kohanudnas “Tutuka” ke – 37, Irjen TNI Letjen TNI Gerhanlantara, Wakasad Letjen TNI M. Munir, Wakasal Laksdya TNI Hari Bowo Wakasau Marsdya TNI Sunaryo, Danpusdiklat TNI sebagai Dirlat Myjen TNI Khaidir Srunting Sakti, Asops Kasal Laksda TNI Didit Herdiawan, Pangkoopsau I Marsda TNI M. Saugi, Dankorpaskhas Marsda TNI Amarullah dan para pejabat TNI lainnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel