Berita

Latihan Tutuka XL 2017

Dibaca: 32 Oleh 20 Sep 2017Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Kedatangan satu pesawat Foker 28 milik TNI AU dari Skadron 2 Halim PK dalam rangka mengikuti latihan Pertahanan Udara Nasional (Hanudnas) Tutuka ke XL Tahun 2017 di Lanud Sri Mulyono Herlambang, Sabtu (16/9).

Latihan dilaksanakan selama empat hari sejak tanggal 17 s/d 20 September dan dibuka oleh Kaskohanudnas Marsekal Pertama Tamsil Bustari Malik Senin, (18/9) di Makohanudnas, Jakarta.

Komandan Pangkalan TNI AU Sri Mulyono Herlambang (SMH) Kolonel Pnb Easter Hariyanto menjelaskan patroli udara dilakukan untuk menjaga keamanan dan kedaulatan wilayah NKRI, sedangkan scramble adalah latihan untuk menyergap wahana asing yang terdeteksi radar masuk dalam wilayah Indonesia.“Wahana asing yang tidak memiliki izin masuk dalam wilayah, akan disergap dan dipaksa mendarat di bandara terdekat,” ungkapnya.

Lebih lanjut danlanud SMH menjelaskan, dalam pelaksanaan Hanudnas Tutuka XL tahun 2017 di wilayah Pekanbaru, yang melibatkan pesawat jenis F-16, Helikopter Super Puma dari Skadron 6 Lanud Atang Sanjaya.

Latihan Tutuka 2017dilakanakan di wilayah Barat, Indonesia yaitu dibawah Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional III Medan, bertujuan untuk menguji dan mengukur tingkat kesiapan operasional Komando Pertahanan Udara dalam rangka melaksanakan sisten pengamatan, penangkalan dan penindakan yang handal serta meminimalisir dampak serangan Udara terhadap berbagai kontijensi yang perlu diantisipasi dan direspon diwilayah udara nasional.

Baca juga:  Kasau Tutup Latma Elang Indopura

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel