TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

LatihanTri Patra Gelar Simulasi Tahapan Tindakan Pilkada Serentak Di Lanud Adisutjipto

Picture_178

TNI AU. Polda DIY bersama unsur TNI menggelar simulasi peragaan dalam rangka penyamaan persepsi tahapan tindakan Satuan Tri Patra , Pengamanan Legislative dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019. Simulasi yang dilaksanakan oleh Team Peraga Gabungan Polda DIY dan Korem 072/ PMK serta Lanud Adisutjipto digelar di Shelter Bravo Skadik 102 Lanud Adisutjipto, Jumat (11/5).

Sebanyak 1000 personil gabungan anggota TNI dan Polri dikerahkan untuk mengikuti simulasi Tri Patra ini. Kegiatan Latihan Tri Patra ini dihadiri oleh Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Ir. Tedi Rizalihadi,S M.M, Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri, Danrem O72/PMK Brigjen TNI Muhammad Zamroni, Pejabat dari Forkopimda DIY, pejabat di jajaran Lanud Adisutjipto serta undangan lainnya. Danlanud Adisutjipto menyampaikan apresiasi sehingga pelaksanaan simulasi tahapan tindakan latihan Tri Patra yang sudah berjalan baik.

Hal ini bertujuan guna memberikan gambaran secara jelas tahapan demi tahapan baik tindakan yang diambil oleh Kepolisian maupun pelibatan satuan dalam pengamanan unjuk rasa. Sehingga diharapkan sinergitas TNI dan Polri dalam mengawasi dan mengamankan pesta demokrasi dapat berjalan professional dan akuntabel.

Lebih lanjut Komandan Lanud juga menegaskan hasil dari kegiatan hari ini akan menjadi bahan evaluasi nantinya. Oleh sebab itu, seluruh personel TNI diharapkan mempersiapkan diri dalam kegiatan pelibatan pengamanan Pilkada Serentak lebih jauh ia juga meminta kepada seluruh pihak yang terkait agar dapat mendukung dan saling bekerjasama selama berjalannya Pilkada ini. Dalam latihan Tri Patra dilaksanakan beberapa simulasi eskalasi kerusuhan massa dari mulai level normal atau aman sampai dengan tingkat paling membahayakan dimana para demonstran melakukan perusakan dan melakukan tindakan anarki.

Beberapa tahapan penanganan diperagakan dari mulai proses negosiasi sampai dengan penindakan. Petugas menurunkan pasukan Tri Patra yang terdiri dari Tim gabungan Dalmas, Brimob serta gabungan TNI hingga akhirnya berhasil mendesak mundur dan membubarkan pasukan demo. Kegiatan simulasi diakhiri dengan patroli pemulihan oleh pasukan Tri Patra secara aman dan lancar.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

LatihanTri Patra Gelar Simulasi Tahapan Tindakan Pilkada Serentak Di Lanud Adisutjipto