Berita

Latis Susbata Radop X ke Satrad 222 Ploso Jombang

Dibaca: 49 Oleh 18 Nov 2016Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Sebanyak 20 siswa Susbata Radop (Radar Operator) Pusdiklathanudnas Surabaya, Angkatan Ke-X Tahun Anggaran 2016 melaksanakan Latis (Latihan Praktis) ke Satrad 222 Ploso Jombang, Kamis (17/11).

Siswa Susbata Radop yang dibawa pimpinan kepala sekolah Mayor Lek Khoiruman tiba di Satrad 222 Ploso Jombang diterima langsung oleh Kepala Dinas Operasi Satrad 222 Ploso Jombang Mayor Lek Mulyana dan langsung melaksanakan brifing.

Dalam sambutannya Komandan Pusdiklathanudnas Kolonel Lek Supriyanto, S.E., M.Si(Han) yang diwakili Kepala Sekolah Susbata Radop X Mayor Lek Khoiruman mengucapkan terimakasih kepada Komandan Satrad yang telah berkenan menerima Latis Siswa Susbata Radop X Tahun Anggaran 2016.

Lebih lanjut dikatakan bahwa sasaran yang ingin dicapai pada pendidikan ini adalah untuk menjadikan peserta didik menjadi personel yang handal dalam mengoperasikan sista radar.

Selanjutnya dalam sambutannya secara lesan Kepala Dinas Operasi mewakili Komandan Satrad 222 Ploso Letkol Lek Dwi Purnomo menyampaikan selamat datang dan selamat belajar di Satrad 222 Ploso, dan manfaatkan fasilitas yang ada semaksimal mungkin.

Baca juga:  TNI AU dan RSAF Gelar Latihan Camar Indopura 23/16

Setelah melaksanakan brifing dilanjutkan pengenalan sista radar, meliputi Antena TX (Transmiter)/RX (recifer) yang fungsinya memancarkan gelombang elektromagnetik dan menerima pantulan dari ruang angkasa yg diterima oleh RX berbentuk gelombang Echo, kemudian diproses menjadi pulsa dan dikirim ke Display, kemudian ditampilkan di layar monitor atau PPI (Plan Panomeric Indicator) berbentuk Track. Setelah itu dilanjutkan pengenalan ke Genset (Generator Set) berfungsi sebagai sumber tegangan listrik yang berguna untuk menyuplai semua sista yang ada di unit radar.

Setelah melaksanakan pengenalan Sista Radar selanjutnya siswa belajar praktek mengenai pengamatan wilayah udara melalui Unit WPO (Working Position Operator), kemudian melaporkan hasil pengamatan tersebut ke Kosekhanudnas tentang data-data yang di dapatkannya.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel