Berita

Latma Elang INDOPURA XIV 2006

Dibaca: 21 Oleh 23 Mei 2010Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

LATMA ELANG INDOPURA XIV/2006

    TNI Angkatan Udara bersama dengan Angkatan Udara Singapura (RSAF) dalam bulan Juli 2006 mengadakan Latihan Bersama (Latma) Elang Indopura XIV/2006 dalam bentuk Gladi Pos Komando (Posko) yang dilaksanakan dari tanggal 3 sampai 6 Juli 2006 di Paya Lebar Air Base dan Gladi Manuver Lapangan yang dilaksanakan dari tanggal 17 sampai 19 Juli 2006 di Lanud Iswahjudi, dibuka CAF RSAF Brigjen Ng Chee Khern dan Wakasau Marsdya TNI Wresniwiro, Senin (3/7) di Paya Lebar, Singapore.

    Latma Elang Indopura XIV/2006 bertujuan meningkatkan kemampuan dan kerjasama personel kedua angkatan udara pada operasi udara taktis bersama dalam pengamanan wilayah perbatasan Indonesia – Singapore.

    Hasil yang diharapkan dalam menggelar Latma Elang IndopuraXIV/2006 adalah untuk memantapkan prosedur pelaksanaan operasi udara taktis bersama dalam tingkat “Combined Air Task Force”, sistem komunikasi dalam mendukung kelancaran operasi udara bersama dan meningkatkan kemampuan dalam pelaksanaan dukungan logistik ke daerah operasi. Sedangkan bentuk operasi udara taktis yang dilatihkan meliputi Fighter / Strike Operation, Tactical Transport Operation dan Helicopter Operation.

Baca juga:  DANLANUD SULAIMAN PERIKSA KESIAPAN SELTIPUS CATAR AAU

    Kekuatan udara pada Latma yang digelar sejak tahun 1980 dengan periode dua tahunan ini, TNI AU mengerahkan kekuatan enam pesawat tempur F-5E Tiger, satu pesawat angkut berat C-130 Hercules dan satu helikopter NAS 332 Super Puma dengan jumlah personel sebanyak 180 orang. Sementara RSAF mengerahkan kekuatan enam pesawat tempur F-5E Tiger, satu pesawat angkut berat C-130 Hercules dan dua helikopter CH 47 Chinook dengan jumlah personel sebanyak 160 orang.

    Dalam latma operasi udara taktis bersama Elang Indopura XIV/2006 diskenariokan telah terjadi pertempuran udara yang sengit di wilayah perbatasan antara Satuan Tugas Udara Gabungan (Satgasud) yang dibentuk TNI AU dan RSAF melawan Negara Orangeland yang ingin mengekpansi daerah Ariat. Pesawat tempur yang terlibat duel udara tersebut, delapan pesawat tempur F-5 E Tiger yang berhasil melumpuhkan kekuatan pertahanan udara musuh. Namun pada pertempuran tersebut, satu F-5E Satgasud Gabungan Elang Indopura tertembak jatuh tetapi penerbangnya berhasil melakukan eject.

    Untuk menyelamatkan penerbang F-5E Tiger, dilakukan Operasi SAR Tempur (Sarpur) Gabungan dengan mengerahkan helikopter Super Puma dan Chinook. Tim Sarpur berhasil menyelamatkan pilot dan langsung dievakuasi ke daerah aman. Sementara untuk memperkuat pasukan darat, Satgasud Elang Indopura melaksanakan Tactical Transport Operation menggunakan pesawat angkut C-130 Hercules dan CN-235 guna menerjunkan bantuan logistik.

Baca juga:  Danlanud Atang Sendjaja Buka Dirgantara Marching Band Competition

    Selain menggelar operasi udara taktis bersama, kegiatan Elang Indopura diisi dengan bakti sosial pelayanan kesehatan gratis di Rumah Sakit Lanud Iswahjudi berupa pengobatan, operasi katarak dan hernia bagi masyarakat sekitar lanud, guna membantu masyarakat yang tidak mampu dan membutuhkan perawatan kesehatan

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel