Berita

LATMA TNI AU – USAF “COPE WEST 2012” DIGELAR

Dibaca: 13 Oleh 27 Jun 2012Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

TNI Angkatan Udara kembali menggelar latihan bersama Angkatan Udara Amerikat serikat (USAF dengan nama sandi latihan “Cope West 2012”.   Latihan rutin antara Angkatan Udara kedua negara demokrasi besar ini dibuka secara resmi pada hari senin tanggal 25 Juni 2012 bertempat di gedung Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma oleh Komandan Wing I Lanud Halim Perdanakusuma Kolonel Pnb Ardhi Tjahjoko selaku Direktur Latihan didampingi Lt Col Rick Richard dari Yokota Air Force Base Jepang yang bertindak sebagai Cope West Detachment Commander.

Latihan bersama antara kedua negara yang sudah berlangsung dari tahun 90 an ini pada awalnya merupakan latihan antara skadron-skadron pesawat tempur kedua angkatan udara, namun dengan berjalannya waktu dikembangkan juga dalam bentuk latihan antara skadron angkut menggunakan pesawat C-130 seperti sekarang ini. Latihan ini saling menguntungkan kedua pihak karena selain menjalin keakraban, kerjasama dan menumbuhkan saling pengertian tentang budaya dan prosedur kedua pihak, juga akan memudahkan dan mempercepat koordinasi dalam operasi udara. Khususnya dalam latihan ini ditekankan pada kerjasama dalam cara penanggulangan bencana alam yang sering terjadi di wilayah Asia Pasifik dan khususnya Indonesia sebagai wilayah Khatulistiwa yang menjadi “Sabuk Gunung Api Dunia”, sangat mudah terkena bencana gempa, letusan gunung apai, tsunami, banjir dan ombak besar. Disamping itu saat ini seluruh negara-negara di dunia sudah sepakat untuk saling bekerjasama didalam penanganan bencana, baik karena akaibat alami

Komandan Detasemen USAF Lt Col Rick Richard yang memimpin pesawat C-130 dari Yokota Air Force Base di Jepang menegaskan, “I look forward to working side-by-side with our Indonesian counterparts throughout all aspects of our flying mission,”. Intinya menyebutkan bahwa latihan bersama ini membangun persahabatan dan kerjasama yang baik diantara kedua Angkatan Udara, untuk mempermudah pencapaian tujuan bersama khususnya dalam latihan ini operasi penanggulangan bencana.

Latihan bersama dilaksanakan bertempat di pangkalan Udara Halim Perdanakusuma sebagai markas latihan dan menggunakan area latihan TNI AU Gorda yang dahulunya merupakan landasan peninggalan AU Hindia Belanda dan saat ini dibawah pengawasan Detasemen TNI Angkatan Udara Gorda, Serang, Banten. Pihak USAF mengirimkan tiga pesawat C-130 Hercules dengan 40 personel, dan di sisi lain TNI AU juga mengirimkan pesawat C-130 Hercules dari Skadron Udara 31 Lanud halim Perdanakusuma dengan 80 personel dan melibatkan Paskhas TNI AU. Latihan bersama “ Cope West 2012” ini akan berlangsung mulai tanggal 25 – 29 juni 2012 dan, selama latihan akan dilaksanakan kegiatan dropping logistic, dropping personel, terbang malam, terjun statik, serta teknik pengepakan yang kuat untuk menjatuhkan logistik, free-fall serta diskusi kelas mengenai prosedur, taktik, tehnik dan hal-hal lain seputar penggunaan pesawat Hecules dalam berbagai scenario penanggulangan bencana.

Baca juga:  ZIARAH HARI BHAKTI KE-66 TNI AU DI LANUD ABD SALEH

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel