Berita

Launching  Buku Memenuhi Panggilan Rakyat “Kiprah Dan Kenangan Sosok Bupati H.AS. Hanandjoeddin”

Dibaca: 0 Oleh 20 Okt 2021Oktober 25th, 2021Tidak ada komentar
2 1 18
#TNIAU 

TNI AU- TANJUNGPANDAN, BELITUNG- Gubernur Bangka-Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, secara resmi me-Lounching buku yang berjudul Memenuhi Panggilan Rakyat “Kiprah Dan Kenangan Sosok Bupati Hananjoeddin”, karya penulis Haril M. Andersen dan Bambang Sutrisno, bertempat di Pandan House, Restoran, Jalan Raya Sijuk KM 45 No 18A, Air Merbau Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Rabu (20/10/21).

Sebelum peresmian Launching Buku, Marsda TNI Purn H. Tatang Kurniadi bersama Kolonel Pas Nasser didampingi panitia, melakukan ziarah ke makam Letkol Pas Purn H. AS Hanandjoeddin di Taman Makam Pahlawan Ksatria Tumpang Ganti,  Tanjungpandan, Belitung.

Sebelum meresmikan Launching Buku tersebut, Gubernur Bangka-Belitung  Erzaldi Rosman dalam sambutannya  mengungkapkan, “Bupati H. A.S Hananjoeddin terlahir di Tanjung Tikar, Bumi Laskar Pelangi pada  tanggal 5 Agustus 1910, dimasa perjuangan Kemerdekaan. Kekagumannya terhadap sosok Hanandjoeddin dikarenakan kegigihan dan keberaniannya sebagai seorang militer juga seorang pejuang kemerdekaan, yang pada akhirnya menjadikan dirinya dipercaya untuk menjadi seorang Bupati Belitung pada tahun 1967-1972.  Jalan hidup dan butir perjuangan Hanandjoeddin untuk tanah kelahirannya, hingga penempatan dirinya sebagai seorang pahlawan yang dicintai di Belitung, semua dituangkan dalam sebuah buku yang berjudul, Memenuhi Panggilan Rakyat “Kiprah dan Kenangan Sosok Bupati H.A.S Hanandjoeddin”.

Baca juga:  Lomba Kaya Tulis TNI

Hanandjoeddin dikenal sebagai salah satu Bupati Belitung terbaik yang pernah ada. Ia pun merasa bangga atas diterbitkannya buku “Memenuhi Panggilan Rakyat” oleh Yayasan Melati Tanjungpandan, yang mampu mengupas sisi terbaik sang pahlawan.

“Buku ini memperjelas keberadaan Hanandjoeddin yang menginspirasi generasi penerus bangsa. Sudah sepatutnya lah menjadi kebanggaan bagi kita semua, dan harus kita perjuangkan beliau untuk menjadi pahlawan nasional dari Belitong,” harap Bupati.

Sementara itu, Wakil Gubernur Lemhanas Marsekal Madya TNI Wieko Syofyan yang hadir secara virtual mengakui peran besar yang ditunjukkan Hanandjoeddin, baik di dunia kemiliteran maupun perjuangannya terhadap kemerdekaan Belitung dan bangsa Indonesia.

“Saya sangat mengenal sosok beliau walaupun itu saya terima dari catatan sejarah di TNI Angkatan Udara, dimana Hanandjoeddin merupakan tokoh yang menjadikan TNI Angkatan Udara mencetak generasi prajurit atau kelompok terbaik,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, sambutan Dankorpaskhas yang dibacakan oleh Kolonel Pas Naser menyampaikan,

“H.A.S Hanandjoeddin merupakan Putra Asli Daerah Kelahiran Tanjung Tikar Belitung, 5 Agustus 1910, merupakan sosok Prajurit PGT/Kopasgat/Korpaskhas yang senantiasa menjadi kebanggaan bagi seluruh warga masyarakat dan Pemerintahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta seluruh rakyat Indonesia.   Sepanjang perjalanan pengabdiannya yang dilandasi dengan kegigihan, pengorbanan dan semangat perjuangannya senantiasa harus tetap terpelihara sebagai modal dasar dalam meneruskan cita-cita untuk mengisi kemerdekaan dalam pembangunan, khususnya kemajuan di Provinsi   Kepulauan Bangka Belitung dan kemajuan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia”, jelas Dankorpaskhasau.

Baca juga:  391 Siswa Ikuti Pendidikan Semata PK Angkatan Ke-69

Dalam   Launching Buku tersebut ditandai dengan petikan Gambus secara serentak oleh Gubernur Babel bersama dengan Dankorpaskhas dan Forkopimda Belitung.

Pada  acara launching tersebut selain dihadiri oleh keluarga H. A.S. Hananjoeddin juga dihadiri Panglima TNI  yang diwakilkan Danlanud ASH Letkol Nav Rudy Hartono, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung DR H. Erzaldi Rosman  SE. MM.,Tokoh Veteran dan Mantan Ketua KNKT Marsda TNI Purn. H Tatang Kurniadi, SH, MM,  Komandan Korpaskhas diwakili Kolonel Pas Nasser,  S.T.,  Komandan Kodim 0414 Belitung,  Kapolres Belitung,  Danlanal Babel yang diwakilkan Danposal  Belitung, Bupati Belitung,  Bupati Belitung Timur dan pimpinan DPRD Belitung dan DPRD Belitung Timur, para tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pendidikan. penkorpaskhas

1 1 30

4 1 17

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel