Berita

Legenda Pesawat Angkut (Avia) TNI AU di Abd Saleh akan Berpindah ke Museum Dirgantara Mandala

Dibaca: 66 Oleh 04 Okt 2017Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Pesawat Ilyushin II-14 Avia yang konon merupakan pesawat legendaris angkut sedang TNI AU seperti DC-3 Dakota. Pesawat Ilyushin II-14 Avia bisa digerakkan untuk angkutan taktis militer. Dan bisa difungsikan pesawat sipil. Karena fungsinya masuk angkut sedang maka pesawat ini ditempatkan di Skadron 02 Lanud Halim Perdanakusuma. Pesawat Avia ini merupakan pengadaan periode 1958 sampai 1962 an dari Cekoslovakia.

Pesawat Ilyushin II-14 Avia memasuki akhir pengabdiannya berdasarkan pengarahan Kasau nomer 182/Pes/15/1975 tanggal 12 Juli 1975. Pesawat jenis ini juga ada yang digunakan pesawat kepresidenan dengan nama Dolok martimbang Indonesian Air Force One, yang sepat ditinjau presiden Soekarno di Jakarta.

Menurut rencana pesawat ini akan di boyong ke Museum TNI AU Dirgantara Mandala Yogyakarta, sesuai perintah Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, untuk menjadikan sumber sejarah bagi generasi muda. Pesawat ini nyaris terlupakan Museum Dirgantara Mandala. Pesawat Avia ini akan melengkapi termasuk 16 yang akan menjadi penghuni baru Museum TNI AU Dirgantara mandala.

Baca juga:  Danlanud Halim Kembali Beri Bantuan Alat Ventilator

Menurut keterangan Perwira Proyek (Payek) Mayor Tek I Wayan Adi Dharmadi, ST. MT “pesawat ini 2-3  hari kedepan akan segera kita geser ke Yogyakarta, dan ini kita akan survey perjalanan darat dari malang hingga Yogyakarta”. Jangan sampai perjalanan kita terhambat karena permasalahan teknis seperti yang terjadi pada pesawat yang lain. Pesawat yang mempunyai bobot 12.600 kg dan berat saat take off 18.000 kg akan diangkut kendaraan trailer kurang lebih 3 kendaraan dan semoga semuanya akan berjalan sesuai rencana”. Dan Payek menjelaskan menurut hasil survey kemungkinan kita akan mulai pada malam hari dan menempuh waktu hingga 12 jam apabila lancar. 

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel