Berita

Lemhanas RI di Sulawesi Utara

Dibaca: 22 Oleh 23 Okt 2014Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Selama tujuh hari mulai Kamis 16 Oktober hingga Rabu 22 Oktober, Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia menggembleng sedikitnya 100 orang Tokoh Sulut terdiri dari Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Birokrat dan Akademisi. Kegiatan itu terpusat di Novotel Manado.

Para Instruktur dari Lemhanas RI yang mayoritas TNI dan purnawirawan TNI itu memberikan berbagai masukan yang sangat berarti. Mereka juga merasa prihatin karena berbagai norma yang bersumber dari Pancasila yang pada masa lalu begitu kuat melekat dan menjadi pedoman hidup masyarakat Indonesia saat ini semakin hari semakin pudar.

Berbagai materi yang dibawakan oleh instruktur antara lain, Pemberdayaan Wilayah dan Pertahanan Negara dalam Perspektif Geopolitik dan geostrategic Indonesia, Implelemtasi Wawasan Nusantara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta Impelementasi Nilai-nilai Kebangsaan yang bersumber dari NKRI, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan UUD 1945.

Selain itu juga ada materi dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yakni Pokok-Pokok Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Rangka Implementasi Nilai-nilai Kebangsaan di Provinsi Sulawesi Utara yang disajikan oleh Gubernur Sulawesi Utara, SH Sarundajang. Serta Materi dari Rektor Universitas Negeri Manado dengan materinya Peran Tokoh Masyarakat Dalam Pemberdayaan Nilai Kearifan Lokal Sebagai Akar Nilai-Nilai Kebangsaan.

Baca juga:  Personel Lanud Sultan Hasanuddin Didadak Tes Urine

Menurut Kepala Sub Direktorat Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhanas RI Kolonel Tek Ade Dian Suryacandra, kegiatan yang berlangsung selama sepekan ini telah memberikan banyak sekali masukan yang berarti bagi para peserta untuk kembali menularkan nilai-nilai Pancasila dan memantapkan rasa kebangsaan dalam kehidupan bermasyaraat dimanapun berada.

Kegiatan itu dilaksanakan dengan sistem 40 persen materi dan 60 persen diskusi. Kemudian selama dua hari para peserta melakukan kegiatan Outbond di lapangan Dirgantara lanud Sam Ratulangi

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel