Berita

Letkol Pnb Dariyanto Hadiri Evaluasi Pengembangan Kerjasama Bilateral, Konektivitas Laut, Udara Banda Aceh dan Sabang

Dibaca: 0 Oleh 19 Nov 2021Tidak ada komentar
IMG 20211119 WA0069
#TNIAU 

TNI AU. Komandan Lanud Maimun Saleh Letkol Pnb Dariyanto menghadiri rapat evaluasi rencana pengembangan kerjasama bilateral dan subregional untuk konektivitas antara laut dan udara dari Banda Aceh menuju Sabang, berlangsung di kantor UPBU Bandara Maimun Saleh, Jum’at (19/11/2021).

Pelaksanaan rapat tersebut berdasarkan surat kepala Pusat Fasilitasi Kemitraan dan Kelembagaan Internasional Nomor : UM.202/1/23 PFKKI 2021 tanggal 10 November 2021, tentang kunjungan Kedinasan untuk mengevaluasi Rencana Pengembangan Kerjasama Bilateral dan Subregional untuk Konektivitas Laut dan Udara di Banda Aceh dan Sabang, yang mana pada tanggal 7 Desember 2019, Indonesia dan India telah menyepakati Plan of Action pengembangan konektivitas Aceh–Kepulauan Andaman dan Nicobar dalam Pertemuan Pertama Joint Task Force (JTF) yang diselenggarakan di Banda Aceh.

Rencana aksi yang disepakati terdiri dari enam area kerja sama, yaitu perdagangan dan investasi, pembangunan infrastruktur di Sabang, pengembangan konektivitas, kelautan dan perikanan, pariwisata dan pertukaran budaya serta ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain kesepakatan tersebut, pertemuan berhasil mengidentifikasi sejumlah proyek konkret, salah satunya adalah pengembangan dan pengelolaan Pelabuhan di Sabang. Sebagai langkah awal, perusahaan India yang bergerak di bidang infrastruktur dan manajemen transportasi, telah melakukan pre-feasibility study. Selain itu, kedua negara sepakat meningkatkan upaya-upaya penguatan people-to-people contact antara kedua wilayah, antara lain mendorong finalisasi kerjas ama antara Provinsi Aceh dan Kepulauan Andaman dan Nicobar.

Baca juga:  SATU FLIGHT PESAWAT TEMPUR SUKHOI TIBA DI HALIM

Dibentuknya JTF sebagai tindak lanjut kesepakatan Presiden RI dan Perdana Menteri India di tahun 2018, yang mana bertujuan untuk mengembangkan konektivitas dua wilayah terdekat kedua negara, semoga nantinya akan mewujudkan tercapainya kesejahteraan di kedua wilayah. Berlangsungnya rapat tersebut dihadiri oleh Komandan Lanud Maimun Saleh Letkol Pnb Dariyanto, Ka. UPBU Bandara Maimun Saleh, Yan Budianto, Deputi Teknik Pengembangan & Tata Ruang BPKS, Azwar Husain, ST, dan pendamping Tim PFKKI (Kepala Distrik Navigasi Kelas II Sabang, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan IV Malahayati serta Kepala Kantor Kesahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Sabang).

Sumber : Pen Lanud MUS

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel