Berita

Letkol Pnb Marda dan Lettu Pnb Kurniadi Penerbang Terakhir Hawk MK-53

Dibaca: 38 Oleh 13 Mar 2015Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Ada suatu kenangan yang ditinggalkan oleh Komandan Skadron Udara 15 Letkol Pnb Marda Sarjono alumnus AAU tahun 1997 telah memiliki 1000 jam lebih menggunakan Hawk MK-53 dan Lettu Pnb Kurniadi Sukmo Djatmiko alumnus AAU tahun 2007 saat setelah turun dari cockpit, terlihat kedua tangannya diletakan di pesawat Hawk MK-53 TT-5309 dan menciumnya dengan haru.

Terlihat ketika kedua penerbang tesebut telah menyelesaikan misinya menerbangkan pesawat Hawk MK-53 TT-5309 dari Lanud Iswahjudi Madium ke Lanud Adi Sutjipto Yogyakarta. Kamis (12/3).

Itulah masa akhir pengabdiannya pesawat Hawk MK-53 TT-5309 setelah 35 tahun menjaga kedaulatan wilayah NKRI dan akan menjadi sejarah di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Yogyakarta.

Letkol Pnb Marda mengatakan, pesawat ini sangat rereble sekali disamping digunakan untuk pendidikan latih lanjut bagi sekolah penerbang yang jurusan ke tempur, pesawat ini juga sebagai pesawat tempur taktis (TT) dan juga dapat digunakan untuk kegiatan-kegiatan operasi.

Operasi yang pernah dilakukannya adalah operasi perbatasan di Kupang, operasi oscar di Manado Jayapura dan Biak, operasi pengamanan alur laut kepulauan Indonesia (ALKI) 2 dan 3, jelasnya.

Baca juga:  Wadankodiklatau Tutup Pendidikan Setukpa TNI AU A-21

“ada perasaan was was ketika menerbangkan pesawat ini, karena pesawat ini sudah lama tidak diterbangkan hampir enam bulan”, namun dengan sesuai prosedur dan yang pernah dilaksanakan kita dapat menerbangkannya dengan aman, ujarnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel