Berita

Letkol Safeano Cahyo Jabat Danskadik 104

By 13 Apr 2015 No Comments
Exercise Pitch Black 2012
#TNIAU #TNI-AU

Jabatan Komandan Skadik 104 Wing Pendidikan Terbang (Danwingdikter) Lanud Adisutjipto diserahterimakan, dari Letnan Kolonel Pnb Letnan Kolonel Pnb Rizaldy Efranza,ST. kepada Letnan Kolonel Pnb Safeano Cahyo Wibowo, ST, Exc Dipl S.S. Upacara serah terima jabatan dipimpin oleh Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Yadi Indrayadi Sutanandika, M.S.S di Lapangan Jupiter, Sabtu (11/5).

Pejabat lama, Letkol Pnb Rizaldy Efranza, ST. selanjutnya akan mengemban tugas baru di Jakarta sebagai Danlanud Wolter Monginsidi, Kendari sedang pejabat baru Letnan Kolonel Pnb Safeano Cahyo sebelumnya menjabat sebagai Kabingadiksis Wingdikterbang, Lanud Adisutjipto,

Komandan Lanud Adisutjipto dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai pangkalan pendidikan yang melahirkan penerbang dan navigator militer, Lanud Adisutjipto menghadapi tantangan yang tidak ringan. Hal ini tidak lepas dari semakin meningkatnya tuntutan, sebagai akibat pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, di tengah alat peralatan yang tidak baru lagi. Meningkatnya tuntutan kualitas input penerbang dari tahun ke tahun, juga memiliki tantangan tersendiri sekaligus konsekuensi bagi jajaran Lanud Adisutjipto, untuk menyiapkan tenaga didik berkualitas agar mereka memiliki visi sebagai instruktur penerbang dan navigator TNI AU di masa depan. 

Komandan Lanud juga menambahkan bahwa seorang instruktur penerbang di lingkungan TNI AU, tidak hanya dituntut mampu mentransfer kemampuan terbang saja, tetapi juga dituntut untuk mampu membentuk watak kepribadian peserta didik, agar mereka benar-benar menjadi perwira profesional yang memiliki jiwa juang yang tangguh. 

Skadik 104 merupakan salah satu Skadron Pendidikan yang berada di bawah Wing Pendidikan Terbang, yang mempunyai tugas menyelenggarakan kegiatan bina kelas (Ground School) dalam mendukung Sekolah Penerbang, Sekolah Navigator, Sekolah Instruktur Penerbang dan Sekolah Instruktur Navigator.

Bina Kelas merupakan pendidikan dasar dalam menunjang kegiatan pendidikan BinaTerbang, karena semua materi yang diajarkan memiliki keterkaitan dalam pelaksanaan pendidikan Bina Terbang. Disini para siswa mendapat ilmu dan pengetahuan yang berhubungan dengan Penerbangan, sebelum mereka menerbangkan pesawat yang sesungguhnya. Diharapkan dengan materi ilmu dasar yang kuat akan mempermudah siswa dalam menerima materi praktek terbang dan berhasil lulus dengan hasil yang memuaskan. 

Pejabat baru Komandan Skadik 104, adalah Letkol Pnb Safeano Cahyo Wibowo, ST, Exc Dipl SS. Putera kelahiran Surabaya 38 tahun yang lalu tepatnya 6 September 1976 ini juga bukan warga baru di Lanud Adisutjipto. Suami dari Woro Widiati, SH dan memiliki seorang putri Alya Rifqa Hafsyari. Beliau adalah Alumni AAU tahun 1998 dan menyelesaikan Sekbang TNI AU pada tahun 2000. Menyelesaikan SIP tahun 2010 dan melaksanakan pendidikan Sesko di Malaysia tahun 2013. Beliau merasa tidak asing lagi dengan tugas pokok Skadik 104, karena pernah menduduki jabatan Kasiops Skadik 104 dan sudah ditempa di dunia pendidikan penerbang di Wingdikterbang Lanud Adisutjipto. Bekal ilmu dan pengalaman tugas lama diyakini dapat dijadikan bekal untuk menjalankan tugas yang baru. Safeano berjanji akan melanjutkan dan mempertahankan sistem yang sudah berjalan dan terus berusaha meningkatkan kualitas pendidikan yang diselenggarakan Skadik 104.

Leave a Reply