TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Lima Instruktur Penerbang Lanud Adisutjipto Ikuti Kursus Jupiter Aerobatik Tim

By 16 Aug 2018Berita
DSC_3295

TNI AU. Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Tedi Rizalihadi S, M.M. membuka secara resmi Kursus JAT (Jupiter Aerobatik Team) bagi 5 instruktur penerbang di Loby Mako Lanud Adisutjipto, Rabu (15/8). Hadir dalam kegiatan pembukaan kursus JAT Danwingdikterbang Kolonel Pnb Deni Hasoloan, Para Kepala Dinas, Para Komandan Satuan serta Instruktur Penerbang Lanud Adisutjipto.

Danlanud Adisutjipto dalam sambutannya menyampaikan bahwa JAT selama kurun waktu perjalanannya sejak tahun 2008 tersebut telah mampu membuktikan eksistensi dan skill terbaik dari para penerbang TNI AU karena mampu dengan sukses melaksanakan manuver aerobatik yang memiliki resiko dan tingkat kesulitan yang tinggi. Kebutuhan akan regenerasi dan reposisi Member Jupiter yang handal mutlak diperlukan karena adanya kebutuhan penugasan organisasi TNI AU yang akan terus bergulir.

Lebih lanjut Komandan menyampaikan bahwa Kursus JAT ini merupakan Pendidikan yang bertujuan untuk membekali perwira TNI Angkatan Udara profesi Instruktur Penerbang agar dapat bertugas sebagai Penerbang Jupiter Aerobatic Team dengan diberikan pengetahuan dan keterampilan di bidang Aerobatic Team, serta sikap perilaku yang dilandasi jiwa Saptamarga dan kesegaran jasmani yang baik.

Komandan Skadik 102 Letkol Pnb Marcellinus Dirgantara selaku Leader JAT menyampaikan bahwa kursus ini akan berlangsung selama 4 bulan yang akan dilaksanakan mulai tanggal 15 Agustus sampai dengan 21 Desember 2018. Para peserta kursus JAT kali ini yaitu Letkol Pnb M. Yunus, Mayor Pnb Dika Mahendra, Mayor Pnb Ari Nugroho, Kapten Pnb Pujo Setyo Anggoro, dan Kapten Pnb I Gede Ngurah.

“Materi Kursus JAT akan meliputi bina kelas dan bina terbang yang dilaksanakan secara paralel. Materi Bina kelas diantaranya tentang Technical dan Performance Pesawat KT 1 B Woong Bee serta Team Work. Sedangkan Bina Terbang akan melaksanakan latihan terbang regenerasi dan reposisi untuk formasi 2 pesawat, 3 pesawat dan 4 pesawat,” tegasnya.

 

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Lima Instruktur Penerbang Lanud Adisutjipto Ikuti Kursus Jupiter Aerobatik Tim