Berita

Lima pesawat sukhoi akan unjuk kebolehan di Sail Banda 2010,

Dibaca: 29 Oleh 30 Jul 2010Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

PANGKOOPSAU II PIMPIN SUKHOI FLIGHT KE SAIL BANDA 2010

Sejak dibuka tiga hari lalu, ajang Sail Banda 2010 di provinsi Maluku, terus menyedot perhatian masyarakat. Berbagai kegiatan pun digelar pada event internasional ini, sedikinya ada belasan event bakal meramaikan Sail Banda 2010, Jum’at (30/7). Sebut saja, yatch rally and race, game fishing, international diving tournament, seafood and fish product expo, operasi Surya Baskara Jaya serta masih banyak kegiatan menarik lainnya.

Dari Koopsau II, satu flight pesawat tempur Sukhoi direncanakan juga berpartisipasi ikut meramaikan ajang Sail Banda 2010. Pesawat-pesawat tempur yang ber-home base di Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanudin, Makassar itu, Jumat (30/7) memulai misinya. Lima buah pesawat Sukhoi dibawah pimpinan langsung Panglima Komando Operasi TNI AU (Pangkoopsau II) Marsekal Muda (Marsda) TNI R. Agus Munandar melaksanakan terbang fery dari Lanud Sultan Hasanudin menuju Lanud Pattimura.

Dalam penerbangan fery ini, Pangkoopsau II duduk di kocpit pesawat TS-3003, orang nomor satu di Koopsau II ini tundem dengan Letkol Pnb Tony Haryono. Selain Pangkoopsau II, ikut terbang dengan pesawat Sukhoi adalah Komandan Lanud Sultan Hasanudin, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Agus Supriyatna. Komandan Lanud Sultan Hasanudin, tundem dengan Mayor Pnb Untung Suropati menggunakan pesawat TS-3005.

Selain kedua pesawat tersebut, dalam misi Sail Banda 2010 ini, juga ikut bergabung tiga pesawat Sukhoi lainya. Masing-masing pesawat TS-2701 dengan penerbang Mayor Pnb David Tamboto, TS-3004 dengan pilot Letkol Pnb Andi Kustoro dan Kapten Pnb Gusti, TS-3001 dengan pilot Kapten Pnb Nanto dan Lettu Pnb Baskoro.

Rencananya pesawat-pesawat Sukhoi ini akan melakukan beberapa atraksi udara dalam bentuk fly pass. Mereka akan melakukan unjuk kebolehan di depan masyarakat dan pengunjung Sail Banda pada tanggal 3 Agustus 2010 mendatang. Diperkirakan, aksi para penerbang Sukhoi ini akan memberikan nuansa tersendiri dan mampu menyedot perhatian publik pengunjung Banda Sail 2010. Demikian, Kapen Koopsau II Mayor Sonaji Wibowo, S.IP.

Keterangan Gambar : Pangkoopsau II Marsda TNI R. Agus Munandar (kanan) dan Letkol Pnb Tony Haryono berpose didepan pesawat Sukhoi sesaat sebelum terbang fery menuju Lanud Pattimura. (Foto Pen Koopsau II).

 

Baca juga:  Seleksi Tamtama PK T.A 2013 di Lanud Sulaiman

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel