Berita

Lima Pesawat T50i Adakan Operasi Benteng Ambalat di Lanud Tarakan

Dibaca: 16 Oleh 18 Nov 2016Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Lima buah pesawat T50i yang datang dari Skadron Udara 15, Lanud Iswahyudi Madiun tiba di Pangkalan TNI AU Tarakan Pada hari Senin, 14 November 2016. Dipimpin langsung oleh Komandan Skadron Udara 15, Letkol Pnb Budi Susilo, kelima pesawat tersebut akan menjalankan operasi pengamanan perbatasan Benteng Ambalat yang dilakukan di wilayah perairan perbatasan Kalimantan Utara, khususnya di wilayah Ambalat Area.

Sebelum melakukan pendaratan di Lanud Tarakan, kelima pesawat tersebut terlebih dahulu melaksanakan operasi di wilayah ambalat. Dengan beberapa maneuver yang dilakukan dan pengintaian di titik-titik strategis dan rawan pelanggaran wilayah kedaulatan republic Indonesia, kelima pesawat tersebut tidak menemukan kejanggalan-kejanggalan yang terjadi.

Komandan Pangkalan TNI AU Tarakan, Umar Fathurrohman, S.IP., M.Si. menyebutkan bahwa operasi benteng ambalat ini merupakan operasi tahunan yang dilaksanakan di wilayah Ambalat dan Pangkalan TNI AU Tarakan merupakan salah satu unsur yang terlibat di dalamnya. “Operasi ini juga dilakukan untuk menguji kesiapan Lanud Tarakan dalam menjalankan operasi udara karena pada saat ini Pangkalan TNI AU Tarakan merupakan PAngkalan Udara tipe b yang juga merupakan pangkalan aju di jajaran Komando Operasi TNI AU II”, jelasnya.

Baca juga:  AAU Peringati Isra Mi’raj

Dalam Operasi Benteng Ambalat kali ini pula, selain melibatkan unsur pesawat T50i Golden Eagle, juga didukung oleh Pesawat Boeing 737 unsur intai dari Skadron Udara 5, Pesawat Hercules C-130 dari Skadron Udara 32, Helikopter Super Puma dari Skadron Udara 6, serta pasukan dari Batalyon Komando 466 Paskhas.

 

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel