Berita

LITBANG TNI AU KEMBALI UJI COBA PAYUNG UDARA DI LANUD SURYADARMA

Dibaca: 59 Oleh 12 Jan 2011Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AU (Dislitbangau) melaksanakan pengujian pada 8 Payung Udara Orang (PUO) baru tipe MC1-1C produksi JM Korea dan Aerodyne Amerika Serikat yang akan digunakan TNI AU di landasan Lanud Suryadarma, Kalijati, Rabu (12/1). Kegiatan dinamakan uji dinamis melibatkan Pesawat Herkules Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdana Kusuma selama dua hari, Selasa dan Rabu 11-12 Januari 2011 untuk menerjunkan 2 dummy (beban barang), setelah dinyatakan layak pada round berikutnya dua personel Prajurit Paskhas juga diterjunkan menggunakan MC1-1C. Hari kedua round pertama diterjunkan 2 dummy dan round kedua 2 personel Paskhas juga diterjunkan memakai senjata.

 

Menurut Letkol Tek Surip Suparjo selaku Kepala Pelaksana Kegiatan yang menjabat Kepala Sub Dinas Material Khusus Dislitbangau tujuan uji dinamis adalah mengetahui secara nyata kualitas dan performance parasut PUO baru tipe MC1-1C di lapangan setelah sebelumnya melalui uji laboratorium dan uji statis di Dislitbangau dan Balai Besar Tekstil Bandung. Uji laboraturium meliputi kuat sobek kanopi, kuat tarik tali parasut, tali kemudi, kuat tarik jahitan antar gore dan antar seksi dan aspek lainnya. Dari uji laboratorium dengan cara merusak parasut didapat hasil kedua tipe PUO tersebut mampu menahan beban minimal yang dipersyaratkan sehingga memenuhi syarat untuk digunakan.

Baca juga:  WUJUD NYATA KEPEDULIAN SOSIAL PIA ARDHYA GARINI CABANG 12/D II LANUD SAM

 

Sementara itu Letkol Sus Bambang Setiaji Z, Bsc, selaku Wakil Kepala Pelaksana Kegiatan dalam paparan hasil uji dinamis di ruang rapat Base Ops Lanud Suryadarma menjelaskan hasil uji dinamis menunjukkan bahwa kedua tipe PUO tersebut memenuhi syarat untuk digunakan karena tidak ada kendala berarti setelah benar-benar dipakai untuk penerjunan baik saat keluar dari pesawat dan mengembang kemudian melayang di udara maupun ketika mendarat. Selanjutnya dari hasil uji dinamis itu para pejabat pelaksana dan undangan dari staf-staf terkait Markas Besar TNI AU (Mabesau), Dislitbangau, Komando Pemeliharaan Material TNI AU (Koharmatau), Korps Pasukan Khas (Korpaskhas), Depo Pemeliharaan 70 dan staf lainnya menandatangani berita acara hasil uji dinamis sebagai bahan pertimbangan pimpinan TNI menentukan kebijakan selanjutnya.

 

Dalam uji dinamis tersebut dihadiri Komandan Lanud Suryadarma Kol Pnb Irwan Is. Dunggio S.Sos., pejabat terkait Mabesau, Dislitbangau, Koharmatau, Korpaskhas, Depo Pemeliharaan 70, Lanud Suryadarma dan lainnya. Malam hari menjelang penerjunan diadakan pula selamatan oleh Dislitbangau di Base Ops Lanud Suryadarma dihadiri pejabat Lanud Suryadarma.

Baca juga:  Lanud Supadio Gelar Sidang Disiplin Militer

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel