Berita

LMS Tingkatkan Efektifitas Penyelenggaraan Pendidikan di Lanud Adisutjipto

Dibaca: 37 Oleh 22 Mar 2016Tidak ada komentar
LMS Tingkatkan Efektifitas Penyelenggaraan Pendidikan di Lanud Adisutjipto
#TNIAU 

Sebanyak 82 personel Lanud Adisutjipto terdiri dari Perwira, Bintara dan PNS yang bertugas dalam operasional pendidikan dan pengajaran telah mengikuti pelatihan Operator Learning Management System (LMS) yang dilaksanakan tanggal 14 sampai dengan 18 Maret 2016 di Skadik 104 Wingdikterbang Lanud Adisutjipto. Acara pembukaan pelatihan operator LMS dihadiri oleh Komandan Skadik 104 Letkol Pnb Safeano Cahyo dan penutupan oleh Kolonel Lek Dento dari Kemhan, beserta jajaran Direksi PT LEN Industries.

LMS adalah software yang menyajikan berbagai fitur untuk mengelola, memfasilitasi, dan mengontrol proses-proses yang dibutuhkan dalam pendidikan dan pelatihan. LMS merupakan proyek dari Kementrian Pertahanan untuk seluruh jajaran satuan pendidikan di lingkungan TNI. Lanud Adisutjipto dan Akademi Angkatan Udara merupakan lembaga pendidikan militer TNI AU yang menjadi obyek pengembangan pendidikan melalui proyek LMS.

Kolonel Lek Dento dari Kemhan menjelaskan manfaat dari LMS adalah meningkatkan kecepatan dan efektifitas penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan, mendukung pemenuhan standar pendidikan industri. Setelah mengimlementasikan LMS, lembaga pendidikan diharapkan mampu mengelola secara terintegrasi perencanaan, penyelenggaraan, monitoring, dan evaluasi pembelajaran dalam kelas dan pembelajaran berbasis online.

Baca juga:  Senior Excange Visit RSAF ke Lanud Halim Perdanakusuma

Beliau menambahkan manfaat lain dari LMS juga memudahkan proses pengelolaan pendidikan dan pelatihan, karena dilakukan secara otomatis, terpusat, online, sistemik, dan sistematis, proses perencanaan, pengelolaan, dan pengembangan kompetensi dan sertifikasi pendidikan dan pelatihan serta penerapan berbagai model pembelajaran baru seperti belajar kolaboratif, belajar berbasis masalah, serta model belajar, tambahnya.

Kegiatan pelatihan operator LMS dilaksanakan terbagi dalam dua tahap yaitu tahap pertama adalah pengenalan dan pelatihan program LMS untuk proses pembelajaran di kelas. Tahap kedua adalah uji fungsi yaitu praktek penerapan pelatihan untuk mengetahui sejauh mana program LMS dapat berfungsi dengan baik dan tepat sasaran serta untuk mengevaluasi apabila ada kendala dalam penerapannya.

 

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel