Berita

LO Kodam XVI/Pattimura Ceramah Pancasila dan UUD 1945

Dibaca: 39 Oleh 29 Sep 2016Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

FKPPI dan Pemuda Panca Marga (PPM) provinsi Maluku adalah kader kader muda Maluku penyelamat bangsa, generasi penerus pembangunan bangsa dan negara Indonesia. Oleh karena itu kader FKPPI dan PPM Maluku harus memiliki wawasan luas dan semangat kebangsaan yang tinggi, tidak luntur oleh dampak negatif perubahan zaman.

Sebagai pondasi sikap dan kepribadian FKPPI dan PPM, maka Pancasila harus terus mendarah daging dalam diri pribadi masing-masing anggota.

Demikian penekanan LO Kodam XVI Pattimura, Kolonel Pnb Imam Subekti, S.T., MIR.kepada 250 orang peserta Pembinaan Keluarga Besar TNI wilayah Maluku, dari kader-kader FKPPI dan Pemuda Panca Marga yg berasal dari seluruh cabang di daerah. Dalam ceramahnya, LO memaparkan sejarah lahirnya Pancasila dan UUD 1945 sebagai suatu kilas balik semangat persatuan dan keharmonisan para founding fathers Bangsa Indonesia, yang dapat mengedepankan kepentingan seluruh suku bangsa Indonesia, mampu mengakomodir dan menemukan jalan mufakat atas perbedaan prinsip berbagai golongan dalam sidang BPUPKI waktu itu. Dari proses lahirnya semua anak bangsa ini kita harusnya bisa belajar tentang kegotongroyongan dan perasaan senasib sepenanggungan, bukannya menonjolkan diri masing-masing kelompok, demi terwujudnya cita-cita mendirikan Negara Bangsa.

Baca juga:  Danskadron Udara 6 Lanud Ats Beri Cougar Award kepada Personilnya

Kolonel Pnb Imam Subekti, S.T., MIR. juga memberikan wejangan perlunya langkah konkret oleh FKPPI dan PPM untuk melanjutkan perjuangan membangun bangsa ini, dalam 2 arah aksi yaitu : ke dalam; melaksanakan pembenahan organisasi dan peningkatan kualitas kader; dan yang kedua aksi nyata ke luar berupa : peran aktif dalam kampanye perangi narkoba, kikis tuntas kebiasaan mabok/miras di lingkungannya, larang pergaulan bebas/pornografi sebagai sumber bencana HIV/AIDS/Penyakit Kelamin di Maluku, cegah penyebaran pengaruh LGBT dikalangan pemuda, membentengi keluarga dari penyebaran aliran agama radikal/sesat yg bisa menyeret aksi terorisme, dan cegah penyebaran / munculnya kembali gerakan komunisme gaya baru.

Sebelum menutup ceramahnya, LO memaparkan potensi wilayah maluku dari Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia di Maluku yang sangat potensial untuk mendukung program pembangunan nasional dan daerahnya. Seperti pernyataan Ibu Sri Mulyani, bahwa Indonesia diprediksi akan menjadi negara berekonomi terbesar ke-7 di dunia, melampaui Inggris dan Jerman pada tahun 2030 nanti. Oleh karena itu, Maluku harus menyiapkan diri, membekali diri dengan kemampuan dan kemauan untuk maju, dengan sumber alam dan angka sumber daya manusia usia produktif yang besar pada masa itu, untuk menjawab tantangan ekonomi yang sangat progresif dan terus berlanjut. Untuk itu LO meminta kader dan keluarga besar TNI dalam wadah FKPPI dan PPM untuk selalu mengikuti perubahan yg ada dilingkungannya, serta siap sedia menyingsingkan lengan baju, bahu-membahu memberikan darma baktinya bagi Ibu Pertiwi.

Baca juga:  UPACARA PERINGATAN HARI KEBANGKITAN NASIONAL DI NTB

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel