Berita

Lomba Cerdas Cermat Tingkat SMU Se-Sulsel Di Lanud Sultan Hasanuddin

Dibaca: 9 Oleh 21 Agu 2015Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Lomba Cerdas Cermat Parade Cinta Tanah Air (PCTA) tahun 2015 tingkat SMA se-Sulawesi Selatan dilaksanakan di Gedung Serba Guna Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar. Kamis, (20/8). Lomba cerdas cermat yang dilaksanakan oleh Kementerian Pertahanan RI Koordinator wilayah III daerah Sulawesi Selatan ini, diikuti oleh dua puluh perwakilan sekolah tingkat SMU yang ada di wilayah Sulawesi Selatan.

Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Tamsil Gustari Malik dalam Amanatnya yang dibacakan Dansatpom Lanud Sultan Hasanuddin Letkol Pom I Dewa Dwi Jatmika menegaskan bahwa “kegiatan lomba diskusi parade cinta tanah air seperti sekrang ini, merupakan upaya kita dalam mengimplementasikan nilai-nilai bela negara, serta menjadi modal sosial yang harus menjadi landasan sikap dan kesadaran terhadap jati diri setiap masyarakat indonesia, khususnya bagi generasi muda penerus bangsa dimasa depan”, tegasnya.

Dikatakan, hakekat dari pembinaan bela negara merupakan bagian dari suatu proses pembinaan sumber daya manusia yang berlanjut dan berkesinambungan serta disesuaikan dengan perkembangan lingkungan strategis dalam kehidupan bernegara. Meski demikian realisasi dalam penanaman kesadaran bela negara tersebut, terdapat berbagai tantangan yang akan dihadapi, khususnya pengaruh era globalisasi dan kemajuan bidang iptek yang akan merubah sikap moral dan etika individu. Kondisi ini akan berakibat pada menurunnya etos kerja dan semangat kebersamaan yang akhirnya dapat memudarkan semangat dan kesadaran bela negara.

Baca juga:  MEMORANDUM DANPUSDIKLAT PASKHAS

Sementara Koordinator pelaksana kegiatan Kolonel Kal MK. Tarigan, SE dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini terselenggara sesuai dengan keputusan Menteri Pertahanan RI tentang kegiatan cerdas cermat tingkat SMU dalam rangkaian pembinaan pertahanan negara di daerah Provinsi Sulsel. Juara I diraih SMAN 1 Makassar dengan menerima piagam penghargaan, piala dan uang pembinaan, dan selanjutnya akan mewakili provinsi Sulawesi Selatan pada lomba yang sama tingkat nasional di Jakarta september mendatang.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel