TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

LOMBA HAFALAN JUZ KE-30 AL QUR’AN

By 19 Sep 2013Berita
1280px-Photo_20031215_122634

Bertempat di mesjid Baitussalam Lanud Supadio diselenggarakan lomba hafalan Juz Ke-30 Al Qur’an, Kamis (19/9). Lomba hafalan surat-surat pendek dalam Al Qur’an ini dalam rangka menyemarakan Hari Ulang Tahun Ke-57 PIA Ardhya Garini sedangkan pesertanya berjumlah 9 orang yang terdiri dari Ranting Staf Lanud, Ranting Skadron Udara 1, Ranting Satpomau, Ranting Paskhasau dan dari Persatuan Istri Purnawirawan TNI AU (PERIP). Adapun selaku dewan juri dalam lomba ini antara lain Kasibintal Lanud Supadio Mayor Sus H. Deni Abdullah, S.Ag, Ustadz Harisz dan Ustadz Ibrahim.

Menurut Kasibintal dalam lomba ini terdapat dua penilaian yaitu tajwid dan adab dalam melafalkan Al Qur’an. Sedangkan pilihan surat yang dilafalkan dibagi dua yaitu surat wajib dan surat pilihan. Untuk surat wajib yaitu surat Al Fiil sedangkan surat pilihan antara lain surat Al Anfal 1-3, surat At Takasur, surat Al Humajah, surat Ad Dhuha dan surat Al Qadr.

Untuk penilaian, lanjut Kasibintal, merupakan hal yang wajib diperhatikan terutama tajwid. Karena apabila salah dalam melafalkan tajwid maka arti dari surat tersebut akan berbeda. Maka dari itu peserta harus betul-betul memperhatikan dan memahami tajwid dari surat yang akan dilafalkan. Sedangkan adab melafalkan Al Qur’an juga mesti diperhatikan karena yang kita lafalkan adalah ayat-ayat suci Al Qur’an yang tentunya sikap dan adab sangat berbeda apabila kita membaca buku ataupun bacaan lainnya.

Satu persatu peserta maju ke hadapan dewan juri untuk unjuk kebolehan dalam melafalkan ayat-ayat suci Al Qur’an. Turut menyaksikan lomba ini Ketua PIA Ardhya Garini Cab. 19/D.I Lanud Supadio Ny. Novyan Samyoga, para pengurus dan anggota PIA Ardhya Garini Cabang dan tiap-tiap ranting kedinasan.

Adapun keluar sebagai juara pertama adalah dari ranting staf Lanud Supaldio, juara kedua dari perwakilan PERIP dan juara ketiga diraih Staf Lanud Supadio. Diakhir acara dilaksanakan foto bersama peserta, dewan juri dan para pengurus PIA Ardhya Garini Cab. 19/.I Lanud Supadio.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

LOMBA HAFALAN JUZ KE-30 AL QUR’AN