Berita

Lomba Perahu Bidar di Sungai Musi Palembang

Dibaca: 23 Oleh 22 Jun 2011Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Perayaan Hari jadi Kota Palembang yang Ke 1328 yang jatuh pada tanggal 17 Juni berlangsung meriah, dimana pada peringatan kali ini diadakan lomba perahu bidar tradisional yang dilaksanakan di Sungai Musi Kota Palembang, (18/6). Dalam kejuaraan perahu bidar tersebut diikuti oleh 32 tim yang terdiri dari 16 tim perwakilan dari 16 kecamatan di Kota Palembang dan 16 tim perwakilan dari BUMN dan BUMD. Selain itu juga dimeriahkan oleh perlombaan kapal hias tradisional. Pada acara perlombaan tersebut, dihadiri oleh segenap pejabat Pemda Kota Palembang diantaranya, Walikota Palembang Bpk Ir. Eddy Santana, Wakil Walikota Bpk H. Romy Herton, Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Bpk Bahruddin Ali, Dan Lanud Palembang Letkol PNB Adam Suharto, Dandim Palembang, Dan Lanal Palembang,Kapolres Paqlembang, serta acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPR RI Bpk H. Marzuki Ali.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama ” Perlombaan perahu bidar ini memang sudah menjadi tradisi warga masyarakat Sumatera Selatan Khususnya Kota Palembang sehingga harus dilestarikan dan dilombakan disetiap perayaan Hari Jadi Kota Palembang dan dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI ” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palembang bapak Baharuddin Ali. Acara perahu bidar dan perahu hias ini juga disaksikan oleh ribuan warga kota Palembang yang sebagian warga yang ingin menonton memadati pelataran Benteng Kuto Besak dan ada juga yang memilih menyaksikan perlombaan dari atas Jembatan Ampera Sungai Musi Palembang, Disela acara lomba perahu bidar tersebut diadakan penanaman pohon secara simbolis oleh Ketua DPR RI yang bertempat di pelataran objek wisata Benteng Kuto Besak yang berada di tepi sungai musi Palembang yang merupakan salah satu Icon Pariwisata yang berada di Kota Palembang.

Baca juga:  NILAI KEPAHLAWANAN HENDAKNYA DIHAYATI

Pada perlombaan kali ini perahu bidar dari Pertamina keluar sebagai juara I mengalahkan tiga perahu bidar lainya dan berhasil masuk dalam grand final dengan rekor perahu tercepat dengan waktu 8 menit, serta juara kedua diraih oleh perahu bidar Kecamatan Ogan Ilir,dengan waktu 8 menit 5 detik dan juara ketiga diraih oleh perahu bidar Kabupaten Ogan Ilir dengan waktu 8 menit 7 detik. Dengan jarak tempuh 1,8 km dengan kapasitas pendayung 56 s/d 60 orang pendayung dengan satu perahu serta memperebutkan hadiah 8 juta rupiah. Untuk juara I perahu hias diserahkan trophi dan uang pembinaan oleh Komandan Lanud Palembang.

Adapun maksud dan tujuan kegiatan ini adalah supaya kita lebih mengetahui dan mengambil makna dari hari Kemerdekaan Republik Indonesia, disamping itu juga kita dapat melestarikan budaya daerah yang telah diwariskan nenek moyang kepada kita semua secara turun temurun.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel