Berita

LOMBA TARI SASAMBO MERIAHKAN HUT PIA

Dibaca: 6 Oleh 23 Okt 2012Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

PIA Ardhya Garini Cabang 6/D.II Lanud Rembiga menggelar kegiatan lomba tari sasambo dalam rangka memeriahkan HUT PIA Ardhya Garini ke-56 serta untuk turut melestarikan adat dan budaya Nusa Tengara Barat, baru-baru ini. diikuti seluruh ibu – ibu PIA Lanud Rembiga bertempat di TK Angkasa asrama Lanud Rembiga.

Bertindak sebagai juri dalam lomba tersebut adalah ketua PIA AG Cabang 6 /D.II, Ny. Maritzka Ridha Hermawan, Ny. Stefanus, dan Sertu Anas, lomba dimulai pada pukul 16.00 WITA dan mendapat sambutan yang meriah serta semangat dari seluruh peserta dan penonton yang hadir.

Diakhir acara ketua tim juri lomba poco-poco mengumumkan hasil penilaian tim juri dan yang keluar sebagai juara lomba tari sasambo adalah ibu-ibu kelompok 6 yang langsung sambut riuh tepuk tangan para peserta. Penilaian lomba diambil dari keserasian serta kekompakan tarian.

Tarian Sasambo ini sendiri terbentuk dari inspirasi tari tiga suku yang terdapat di Nusa Tenggara Barat yaitu suku Sasak di Pulau Lombok, Samawa dari Pulau Sumbawa, Mbojo dari Pulau Bima Masing-masing suku memiliki budaya dan tarian khas tersendiri seperti suku sasak terkenal dengan tarian Rudat, jangger, anjani dan lain-lain. Suku Samawa dikenal dengan tarian Sawer Kemang, suku mbojo dikenal dengan tarian tombaknya dan tarian tarian tersebut sudah ada sejak zaman dahulu yang dipergunakan untuk upacara-upacara adat istiadat seperti tari rudat dipergunakan sebagai salah satu media si’ar Islam di pulau Lombok, jangger dipergunakan sebagai tarian penghibur pada saat acara merariq jadi tarian ini adalah peninggalan leluhur yang harus kita jaga dan lestarikan keberadaanya.

Baca juga:  Kenal Pamit Kolonel Pnb Basuki Rochmat Kepada Kolonel Pnb Paminto BP

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel