Berita

Luar Biasa Skatek 022 Melaksanakan Penggantian Engine Super Tucano Untuk Pertama Kalinya

Dibaca: 40 Oleh 28 Agu 2017Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

“Luar biasa” kata itu pantas disematkan kepada Skatek 022 (Gamel Family) yang telah berhasil melaksanakan penggantian Engine PT6A-68C pada pesawat EMB-314 Super Tucano no Reg. TT-3103 untuk pertama kalinya. Penggantian Engine dilaksanakan setelah ditemukan Oil Leak Pada Compressor Inlet Case pada saat melaksanakan Test flight. Ketika dicoba melaksanakan Troubleshooting dengan dibantu personel dari Pratt and Whitney Canada hasil masih tetap sama, sehingga harus dilaksanakan penggantian Engine(25/8)

Engine dari pesawat EMB-314 Super Tucano adalah jenis Turbo prop engine PT6A-68C buatan Pratt and Whitney Canada. Engine ini memiliki tenaga 1600 hp, lebar 483 mm, tinggi 483 mm, panjang 1,83 m. Merupakan varian ke 30 dari jenisnya.

Dengan berpedoman Maintenance Manual, pengalaman dan semangat pantang menyerah demi kejayaan TNI Angkatan Udara maka personel Skatek 022 di bawah pimpinan Komandan Skatek 022 Letkol Tek Sidik Dhani Broto Nugroho S.T.,M.M.,M.A.P. mengambil keberanian untuk mencoba melaksanakan penggantian engine untuk pertama kalinya. Pelaksanaan penggantian engine ini dipimpin oleh perwira proyek Kapten Tek Suwarno dan inspektor Pelda Hendra Bayu.

Baca juga:  Korpaskhas Siap Amankan KTT World Islamic Economi Forum

“Kami anak gamel, tidak pernah berkata tidak bisa, beri kami kesempatan, akan kami kerjakan” merupakan semboyan yang selalu dipegang dalam melaksanakan tugas sehingga teknisi Bromo Valley tidak pernah berkata tidak bisa meskipun belum mempunyai pengalaman dalam melaksanakan penggantian engine pesawat EMB-314 Super Tucano. Dengan diskusi antar mekanik dan inspektor, gladhi kering dan pertimbangan yang matang, teknisi Bromo Valley akhirnya berhasil melaksanakan penggantian engine EMB-314 Super Tucano untuk pertama kalinya.

Pada tanggal 24 Agustus 2017 dilaksanakan test flight pesawat TT-3103 dan dinyatakan serviceable. Dengan penyerahan pesawat TT-3103 ke skadron udara 21 maka kesiapan operasional pesawat EMB-314 Super Tucano menjadi 12 pesawat. Hal ini menjadi prestasi yang luar biasa dan membanggakan dari para teknisi Bromo Valley.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel