TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Mahasiswa Unhan KKDN di Lanud Supadio

By 25 Feb 2019 February 26th, 2019 Berita
1

TNI AU. Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertahanan Universitas Pertahanan (Unhan) Indonesia menggelar Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) di Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio.  Rombongan mahasiswa Unhan yang dipimpin Wakil Rektor I Unhan Mayjen TNI Sudibyo, S.E., D.S.S., M.Si beserta rombongan tiba di Mako Wing 7 Lanud Supadio, Senin (25/2) dan disambut Komandan Lanud Supadio Kolonel Pnb PalitoSitorus, S.I.P.,M.M beserta para pejabat dijajaran Lanud Supadio.

Danlanud Supadio mengatakan sebagai satuan pelaksana Komando Operasi TNI AU I, tugas Lanud Supadio menyiapkan dan melaksanakan pembinaan dan pengoperasian seluruh satuan dalam jajarannya, pemberdayaan wilayah pertahanan udara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan lainnya.

Dalam pelaksanaan tugas tersebut, lanjut Danlanud, Lanud Supadio menyelenggarakan fungsi diantaranya, pembinaan dan penyiapan satuan jajarannya, mengumpulkan dan merekam data untuk menyempurnakan taktik/tekni koperasi dan latihan, melaksanakan pembekalan dan pengadaan material bagi satuan jajarannya, pemeliharaan alutsista sampai dengan tingkat sedang, pemberdayaan wilayah pertahanan udara melalui pembinaan potensi dirgantara, serta pemeliharaan sarana dan prasarana serta fasilitas pendukung yang menjadi tanggungjawabnya.

“Saya berharap para peserta KKDN Unhan dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengetahui tentang organisasi satuan Lanud Supadio beserta tugas dan fungsinya sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan saudara-saudara tentang Lanud Supadio guna melengkapi data-data yang diperlukan,” kata Kolonel Pnb Palito Sitorus.

Sedangkan Wakil Rektor I Unhan Mayjen TNI Sudibyo, S.E., D.S.S., M.Si mengucapkan terima kasih kepada Danlanud Supadio beserta jajarannya atas kesediannya menerima kunjungan mahasiswa dari Unhan dalam rangka Kuliah Kerja Dalam Negeri atau KKDN.

“Mahasiswa yang melaksanakan KKDN ini adalah fakultas teknologi pertahanan yang terdiri dari empat prodi antara lain prodi industry pertahanan, prodi teknologi penginderaan, prodi teknologi persenjataan dan prodi daya gerak. Adapun yang berkunjung ke Lanud adalah perwakilan dari masing-masing prodi dikarenakan sekarang ini ada tiga tempat yang bersamaan untuk dikunjungi,” jelas Wakil Rektor I Unhan.

Ia menambahkan tujuan dari kunjungan mahasiwa Unhan ke Lanud adalah untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa khususnya dalam rangka penyelesaian studi karena diakhir proses pembelajaran nanti mereka akan membuat tesis.

“Oleh karenanya, untuk membuat tesis tentunya harus mendapatkan informasi  yang aktual di lapangan serta dapat menyerap lebih banyak implementasi alut sista pertahanan di wilayah Indonesia khususnya di Lanud Supadio ini,” pungkas Mayjen TNI Sudibyo.

Dalam kesempatan ini para mahasiswa Unhan mendapat pembekalan dari Komandan Skadron Udara 1 Letkol Pnb Supriyanto, Komandan Skadron Udara 51 Letkol Pnb Arie Sulandjana  dan Denhanud 473 Paskhas yang diwakili Wadandenhanud Kapten Pas lbnu.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Mahasiswa Unhan KKDN di Lanud Supadio