Berita

MAHASISWA UPNVJ KUNJUNGI MAKO KOSEKHANUDNAS I

Dibaca: 18 Oleh 15 Jul 2010Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Sebanyak 51 orang mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) dan didampingi 9 orang pengasuh dipimpin oleh Marsma TNI ( Purn ) Priyadi Raharjo, S.ip, MM selaku Warek III UPN Veteran Jakarta dan Brigjen TNI Teguh, M.si. Ketua BPH UPN Veteran Jakarta mengunjungi Mako Kosekhanudnas I, Jakarta, dan diterima oleh Panglima Kosekhanudnas I Marsekal Pertama TMI M. Barkah, Rabu (14 /7).

Maksud dari kunjungan tersebut adalah dalam rangka Integrasi Mahasiswa Dewasa (Simada) untuk mengenal lebih dekat Kosekhanudnas I khususnya dibidang matra udara yang dilaksanakan oleh Kosekhanudnas I Dalam kesempatan tersebut Panglima Kosekhanudnas I Marsekal Pertama TNI Mochamad Barkah mengatakan salah satu fungsi yang dilaksanakan oleh Kosekhanudnas I adalah menyelenggarakan operasi pertahanan udara aktif dan operasi pertahanan udara pasif.

Pertahanan udara aktif meliputi kegiatan deteksi, identifikasi penyergapan/ intersepsi dan penindakan sasaran diudara dalam rangka pengawasan dan penegakan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, sedangkan pertahanan udara pasif adalah melindungi dan mengamankan objek – objek vital nasional yang terdapat diwilayah tugas dan tanggung jawabnya. Untuk itu dibutuhkan kualitas personel yang berkemampuan handal dan professional, sehingga sangat menentukan jalanya roda organisasi yang diharapkan mampu menjawab tantangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta tuntutan jaman.

Baca juga:  Tim Free Fall Paskhas Makassar Meriahkan HUT Ke-58 Kab. Bulukumba

Oleh karena itu upaya-upaya untuk meningkatkan kemampuan profesionalisme personel yang mumpuni merupakan kebutuhan mendasar yang harus dijalankan secara berkesinambungan. Dengan demikian keberhasilan pelaksanaan tugas operasi pertahanan udara yang dilaksanakanoleh Kosekhanudnas I akan sangat tergantung dari sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dan keterampilan yang professional, alut sista yang berteknologi tinggi maupun alutsista lainnya yang masih efektif untuk dipergunakan.

Selain itu pada kesempatan yang sama juga telah diterangkan oleh Asisten Operasi Kosekhanudnas I Letkol Pnb. Age Wiraksono, Asisten Personel Kosekhanudnas I Kolonel Pnb. Bowo Budiarto, Asisten Logistik Kosekhanudnas I Kolonel Tek Asmawie dan Kepala Pusat Operasi Sektor Kosekhanudnas I mengenai beberapa mekanisme penerbangan sipil maupun militer yang teridentifikasi maupun yang belum teridentifikasi dan dilakukan tanya jawab serta simulasi bagaimana tata urut untuk mengidentifikasi pesawat asing yang tanpa ijin masuk kedalam wilayah NKRI.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel