Berita

Majelis POUK Lanud Rsn, Jaga Hubungan dengan Sesama

Majelis POUK Lanud Rsn, Jaga Hubungan Dengan Sesama
#TNIAU 

TNI AU. Sebagai insan ciptaan Tuhan, hubungan baik dengan sesama harus kita jaga, jauhi sifat-sifat tercela seperti, iri hati, perselisihan, pertengkaran dan banyak lagi sifat yang dapat merusak tatanan.

Demikian apa yang disampaikan Majelis POUK Lanud Roesmin Nurjadin, Letkol Kes Novita Sinaga, pada kegiatan ibadah Rabu pagi umat Kristiani  di Gereja Oikumene Lanud RSN, Rabu (14/8/19).

Selanjutnya Letkol Kes Novita Sinaga, juga menambahkan, sering kita jumpai dalam kehidupan dan berinteraksi dengan sesama, timbul permusuhan dan iri hati, padahal itu dilarang dalam Firman Tuhan.

“Maka seyogyanya kita jaga perasaan, sikap dan perilaku agar kita bisa menjaga persatuan dan kesatuan umat”,ucap Novita.

Dalam kotbahnya, dengan tema “Melawan Iri Hati”, Pdt.Lasma Tambunan, S.Th., mengawali kotbah dengan ilustrasi seorang anak kecil sekalipun memiliki iri hati, apalagi pd orang dewasa, bahkan tdk terlepas seorang Kristiani, iri hari ada di setiap ruang lingkup kehidupan.

“Ada 7 dosa pokok, diantaranya dosa iri hati. Ketika ada iri hati, itu merupakan celah untuk dosa-dosa yg lain yg sangat keji dan mengerikan,” ujar Pengkotbah.

Selanjutnya Pengkotbah menjelaskan bahwa, di dalam Alkitab banyak menuliskan tentang iri hati, seperti Adam dan Hawa iri hati akan KeTuhanan Nya Allah, Kain dan Habel, Saul terhadap Daud dan lainnya.

“Hal hal buruk akan terjadi dalam kehidupan kita, ketika kita memelihara iri hati, iri hati akan membuat hubungan kita dengan Tuhan merusak. Dan juga akan merusak hubungan kita dengan sesama, ada perselihan, pertengkaran,  bahkan iri hati akan merusak diri sendiri, tidak ada damai sejahtera dan sukacita dalam hidup kita,” ucapnya.

Kemudian Pdt.Lasma Tambunan,STh menjelaskan, bahwa ada 3 Langkah untuk melawan iri hati, pertama jauhkan pikiran negatif, dan penuhkan dengan pikiran positif: kedua jadikan iri hati menjadi kekuatan dan motivasi sehingga pikiran negatif dalam hati/pikiran terlepas dari hidup kita dan ketiga tidak membanding- bandingkan kehidupan dengan orang lain dan senantiasalah mengucap syukur.

Yakobus 4:7-8 dekatkan diri pada Tuhan, sehingga tidak ada celah iblis menggoda hati kita.

“Ketika 3 langkah tersebut bila ada dlm hidup kita, maka hubungan kita dengan Tuhan akan baik kembali, bahkan dengan sesama. Hidup kita akan penuh sukacita dan damai sejahtera,” ujar Pengkotbah.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel