Berita

Maknai 72 Tahun Kemerdekaan Dengan Semangat Kebangsaan

Dibaca: 7 Oleh 18 Agu 2017Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

“Maknai 72 tahun kemerdekaan Republik Indonesia dengan semangat kebangsaan, jiwa patriotik dan memberikan yang terbaik demi tetap tegaknya Sang Merah Putih,” ujar Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Suliono, S.Sos., saat menghadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-72 di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh. Kamis (17/8).

Hal tersebut disampaikan juga Gubernur Aceh Irwandi Yusuf selaku Inspektur Upacara dalam doorstop awak media ketika upacara telah selesai dilaksanakan. Irwandi Yusuf mengajak seluruh masyarakat Aceh untuk meningkatkan semangat dan optimisme dalam memaknai 72 tahun kemerdekaan dengan harapan kedepannya Aceh secara khusus dan Republik Indonesia secara umum semakin maju dalam segala hal serta mampu berpolitik secara stabil. Dikatakan juga bahwa peringatan kemerdekaan RI ini berdekatan dengan peringatan damai aceh yang dicapai melalui perjanjian Helsinki tanggal 15 Agustus kemarin. “Aceh adalah bagian dari NKRI, sehingga mari bersemangat, bersama-sama, bersatupadu menjadikan Aceh Hebat,” ujarnya.

Sebelum dilaksanakan upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, terlebih dahulu disugguhkan atraksi drumband Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Malahayati, Aceh Besar dilanjutkan teater Merah Putih bertema “Setapak Jejak Sebuah Negeri” memperagakan perjuangan para pahlawan Aceh di bawah pimpinan Cut Nyak Dhien dalam melawan kolonial Belanda hingga terwujudnya kemerdekaan Indonesia dan sumbangsih Pesawat Dakota RI-001 Seulawah dari masyarakat Aceh untuk pemerintahan Indonesia. Kemudian dilanjutkan pembacaan teks Proklamasi oleh Ketua DPRA Tgk Muharuddin serta pengibaran Sang Merah Putih oleh Paskibraka Provinsi Aceh.

Baca juga:  Panglima TNI : “ Dalam Setiap Pelaksanaan Tugas Pokoknya, TNI Harus Bersatu dan Manunggal Bersama Rakyat”

Paskibraka yang bertugas merupakan putra putri aceh terbaik, hasil seleksi ketat dan pembinaan fisik serta mental selama sebulan penuh agar mampu mengemban tugas mulia mengibarkan Sang Merah Putih. Adapun yang bertugas sebagai Komandan Paskibraka Letda Armed Herly Murti, Lulusan Akmil tahun 2014 kesatuan Yon Armed 17/Komposit, pembawa baki Alya Randah Aqilah Siswi SMA 10 Fajar Harapan Banda Aceh, pembentang Bendera Mirza Aulia Siswa SMK 1 Banda Aceh, pengulur Bendera Muhammad Faiz siswa SMA Negeri 3 Banda Aceh dan Naufa Dharma siswa SMA 5 Banda Aceh sebagai penggerek Bendera.

Selama rangkaian upacara peringatan ini berlangsung, ribuan masyarakat Aceh hadir menyaksikan tahap demi tahap prosesi detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang dilaksanakan di Lapangan Blang Padang Banda Aceh, tidak jarang diantara mereka mengabadikan momen ini dengan smartphone dan berselfie.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel