TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Makohanudnad Gelar Seminar Parenting

By 07 Feb 2019 Berita
DSC_5745

TNI AU. Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional  Marsekal Muda TNI Imran Baidirus, S.E., membuka acara seminar parenting dengan tema “Pola Didik Anak di Era Digital” dengan pembicara ibu DR. Rose Mini AP, M.Psi., dan artis ibukota Mona Ratuliu, di gedung Leo Wattimena, Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Rabu (6/2). Seminar parenting ini dihadiri oleh para pejabat Kohanudnas dan diikuti sekitar 300 personel meliputi Ketua IKKT Cabang BS V- Markas Kohanudnas, para Ketua Ranting IKKT jajaran Kohanudnas juga mengundang perwakilan Ibu-ibu PIA Ardhya Garini Daerah I/Koopsau I, Ketua PIA AG Gabungan II/Kodiklatau, Ketua PIA AG Cab. I/D.II Lanud Halim Perdanakusuma, Ketua PIA AG Puspomau, Ketua PIA AG Cab. 7/G.II Sekkau beserta seluruh pengurus, Wara dan PNS wanita  dari masing-masing satuan TNI AU yang ada di Lanud Halim Perdanakusuma.

Dalam sambutan Panglima Kohanudnas Marsekal Muda TNI Imran Baidirus, S.E. disampaikan bahwa “Kita sadari mendidik anak di jaman milenial ini rasanya lebih kompleks tantangannya dibandingkan dengan pola asuh anak yang diterapkan oleh orangtua kita pada jaman dahulu. Saat ini, anak-anak sudah disodori handphone sebagai hasil teknologi modern yang memudahkan anak-anak untuk mengakses berbagai informasi. Disinilah peran orangtua dibutuhkan untuk membentengi anak dari pengaruh negatif teknologi, meskipun ada banyak pula manfaat yang dapat diperoleh.” ucapnya.

Narasumber pertama DR. Rose Mini AP, M.Psi., memyampaikan, “Millennial Parenting” sebagai orangtua di zaman Millenial kita harus lebih smart dalam menghadapi anak-anak, lebih kreatif dalam pengasuhan anak, sering melakukan medsos (media sosial). Sebagai orangtua kita juga harus memantau perkembangan anak mulai dari pergaulan, kemampuan dasar anak, norma sosial, menggali potensi dan kemampuan anak serta mulai mengenal minat dan bakat seiring beranjaknya usia anak menjadi remaja. Dan jangan lupa kita juga harus mengajarkan bahasa yang santun, menghindari konflik, mencoba masuk ke dunia mereka sehingga anak-anak akan menjadi lebih terbuka dengan orangtua, jangan membandingkan antara anak yang satu dengan lainnya, kita juga harus dapat menghargai pendapat anak, kita juga harus bisa menjadi pendengar yang baik bagi anak, pilih waktu yang terbaik seperti makan bersama itu adalah waktu yang penting untuk berkumpul, sehingga mereka dewasa akan menjadi anak yang baik,” tegasnya.

Pada pembicara kedua Mona Ratuliu tentang, “Membesarkan Anak di Era Digital”. Kita sebagai orangtua zaman milenial harus mendidik anak sesuai dengan zamannya. Janganlah kita menyamakan zaman era kita dengan zaman anak sekarang, tetapi berusahalah untuk memahami anak-anak. Jangan membedakan antara anak yang satu dengan lainnya, jangan terlalu menekan anak karena akan membuat anak tidak nyaman dengan orangtuanya. Buatlah suasana yang nyaman di rumah, usahakan mengurangi gadget, lebih baik berbicara langsung dengan anak sehingga ada komunikasi dua arah antara anak-anak dengan kita, selaku orangtua.

Dalam seminar parenting tersebut diadakan pula tanya jawab antara peserta dengan narasumber untuk berbagi permasalahan peserta sekaligus alternatif solusi yang disarankan dari para narasumber. Usai penyajian oleh tiap-tiap narasumber Nyonya Erni Imran Baidirus sebagai Ketua IKKT Cabang BS V- Markas Kohanudnas memberikan sertifikat dan cinderamata sebagai apresiasi kepada para narasumber .

Pos Terkait

Kirim Komentar/Pertanyaan

Makohanudnad Gelar Seminar Parenting