Berita

MAKOOPSAU I MENANGGULANGI KEBAKARAN

Dibaca: 4 Oleh 16 Mei 2010Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Akhir-akhir ini baik di Jakarta maupun di Kota-kota lainnya, sering kali terjadi musibah kebakaran yang diakibatkan dari bermacam-macam faktor yang dampaknya terjadi kerugian harta benda yang begitu besar termasuk korban jiwa manusia. Mengantisipasi hal tersebut dilaksanakan simulasi menanggulangi bahaya kebakaran yang diperagakan oleh Tim Pemadam Kebakaran dari Lanud Halim Perdanakusuma di Lapangan Apel Markas Komando Operasi TNI Angkatan Udara I (Makoopsau I), Jum’at (4/9).

 

Simulasi ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada seluruh personel Makoopsau I dalam mengambil tindakan untuk menanggulangi bahaya kebakaran, serta untuk meningkatkan kesiapsiagaan personel dalam pelaksanaan tugas yang dibebankan. Kebakaran bukan saja bersifat merusak, namun mengganggu lancarnya produksi, supply, lalu lintas, keselamatan harta benda bahkan jiwa.

 

Ketua Tim Pemadam Kebakaran Kapten Teknik Irwan Setiadi pada saat memberikan penjelasan menanggulangi kebakaran di depan Personel Makoopsau I mengatakan, untuk mewaspadai dan mencegah potensi terjadinya kebakaran disekitar kita hendaknya dengan tindakan diantaranya padamkan alat dan peralatan listrik yang tidak digunakan sebelum meninggalkan tempat, hindari penggunaan stop kontak, fitting secara bertumpuk dan hindari penggunaan kawat pada sekering yang sudah putus, serta hindari merokok ditempat tidur dan dekat bahan yang mudah terbakar.

Baca juga:  KASAU : Prajurit Paskhas Percaya Diri Hadapi Hambatan

 

Lebih lanjut dikatakan arti penting meletakan kebutuhan alat-alat pencegahan dan pemadam kebakaran, terutama di daerah-daerah yang banyak terdapat barang-barang yang mudah terbakar membutuhkan perhatian dan pengawasan yang serius.

 

Peralatan yang dipergunakan dalam simulasi tersebut diantaranya karung goni yang dibasahi, CO2, DCP, Foam dan BCF. Semuanya diperagakan bahkan beberapa personel Makoopsau I mencoba mempraktekkan penggunaan alat-alat pemadam kebakaran tersebut secara langsung.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel