Berita

MALAM WIRA CLUB AAU LAUNCHING (JDST)

Dibaca: 47 Oleh 22 Mei 2010Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

MALAM WIRA CLUB AAU LAUNCHING (JDST)

Journal of Defense Science and Tehnology

 

Rabu malam belum lama ini, Perwira Akademi Angkatan Udara menyelenggarakan malam wira club untuk tahun 2010. Setelah sekian lama vakum perwira-perwira AAU berhasil menampilkan atraksi-atraksi yang cukup meriah. Dimulai dari tarian pendet sebagai tari penyambutan berturut-turut atraksi Pesparani, reog Ponorogo, sulap dan berbagai acara spontanitas yang menghibur dapat ditampilkan. Dalam suasana yang rilek Gubernur berharap pada acara Wira club berikutnya harus lebih baik lagi dan beliau berharap tidak terlalu formal, demikian Gubernur mengakhiri ucapan selamatnya.

 

Malam hari itu juga sebagai ucapan selamat jalan kepada pejabat yang akan meninggalkan AAU karena mendapat kepercayaan mengawaki jabatan dilain tempat. Gubernur sempat memberikan kenang-kenangan kepada perwira yang akan melaksanakan tour of duty dan tour of area.

 

Malam itu Gubernur AAU juga menyerahkan jurnal ilmiah pertama yang dikeluarkan AAU kepada Komandan Lanud Adi Sutjipto, Marsma TNI Hadian Suminta Atmaja, dan kepada para Kadis Lanud Adi Sutjipto, Kamuseum, dan perwakilan penulis. Jurnal ilmiah yang dikeluarkan oleh AAU merupakan Jurnal ilmiah militer pertama yang berhasil diterbitkan oleh lembaga Akademi keiliteran. sebagai salah satu Perguruan Tinggi, wajib melakukan 3 hal yaitu Pelaksanaan Pendidikan, Mengadakan Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat. Salah satu hal penting dari Tri Dharma Perguruan Tinggi no 23 tahun 2004 tentang Sisdiknas, adalah publikasi dari penelitian kepada masyarakat hingga dikenal, dibaca, di review atau menjadi bahan kajian dari perguruan tinggi lain hal inilah yang belum dilakukan AAU saat ini.

Baca juga:  Danwing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma Buka LDKPD SMA Angkasa 1

 

Peluncuran Journal of Defense Science and Tehnology (JDST), Jurnal Ilmiah AAU diawaki oleh Letkol Lek Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, ST.MT Dosen Golongan 5 AAU yang sekarang sedang menyelesaikan program S-3 nya di ITB dan Mayor sus Drs. Dartono anggota pengkajian AAU.

 

Buku setebal 83 halaman, yang dibubuhi ISSN 2086-5805 Vol no 1 ( 9 April 2010) menjadi jawaban atas kehausan para praktisi, akademisi, pemerhati dan simpatisan untuk mengaplikasikan kecendikiaannya. Jdst ini edisi pertama memuat 10 tulisan dari beberapa kalangan salah satunya adalah tulisan Prof. Dr. Adang Suwandi Ahmad, Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng dan Prof Dr. Ir Bambang Riyanto yang berjudul Delelopment of Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Related Intrumentation at STEI-ITB.

 

Sedangkan salah satu praktisi yang turut menyumbangkan tulisan Wagub AAU Marsma TNI Edi Sunarwondo juga menyumbangkan tulisan berjudul If We Want Peace, Prepare for War : Bagaimana mempersiapkan perang Untuk suatu keinginan damai. Selain itu jurnal ini juga diisi oleh praktisi baik dari AAU maupun diluar AAU. Rencananya jurnal ini akan terbit 2 kali dalam setahun dan akan menerima tulisan ilmiah dari berbagai kalangan dengan melalui proses selektifitas yang profesional.

Baca juga:  UPACARA PERINGATAN KE-67 HARI TNI TAHUN 2012 DI NATUNA

 

Gubernur AAU Marsda TNI Sru A. Andreas dan Wagub AAU sangat mendorong akan lahirnya jurnal ilmiah ini, Dalam kesempatan lain pada saat pertemuan dosen bulan februari Gubernur AAU juga menekankan untuk segera meluncurkan JDST ini. Pada kesempatan itu Gubernur mengatakan Jurnal Ilmiah AAU akan meningkatkan kredibilitas AAU sebagai lembaga pendidikan, khususnya Lembaga Pendidikan Tinggi Militer. Jelasnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel