Berita

Manajemen Stres Untuk Mendukung Kelancaran Pelaksanaan Tugas Pokok

Dibaca: 58 Oleh 12 Jan 2012Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Untuk meningkatkan kinerja anggota dalam pelaksanaan tugas pokok dan tugas lainnya, pada hari Rabu tanggal 11 Januari 2012 seluruh personel Lanud Tanjungpandan mendapatkan pengarahan dari Komandan Lanud Tanjungpandan Letkol Nav Triswan Larosa tentang manajemen stres dan dampak negatif terhadap kinerja perorangan dan organisasi pada acara jam Komandan yang di laksanakan di balai prajurit.

Danlanud menyampaikan bahwa untuk membentuk suatu organisasi yang baik diperlukan beberapa unsur antara lain adanya kerjasama antara sesama anggota dan bagaimana kesatuan komando yang baik dilaksanakan untuk melaksanakan tugas pokoknya. Dalam hal kerjasama antara anggota, setiap anggota harus dapat mengendalikan tingkat stres pada diri masing-masing, dimana kondisi yang kurang tingkat stresnya atau stres yang berlebihan pada diri seorang anggota dapat berakibat pada kurang maksimalnya pelaksanaan tugas organisasi. Sedangkan stres dalam tingkat sedang akan menciptakan suatu kondisi yang maksimal dalam pelaksanaan tugas.

Stres kerja adalah suatu perasaan yang menekan atau rasa tertekan yang di alami oleh anggota dalam menghadapi pekerjaannya. Selain itu penyebab lain adalah masalah rumah tangga yang terbawa ke pekerjaan dan masalah pekerjaan terbawa kerumah sehingga berakibat negatif bagi satuan maupun individu,oleh karenanya diperlukan kerjasama antara kedua belah pihak untuk menyelesaikan persoalan stres tersebut. Sehingga stres dapat menimbulkan dampak antara lain,penurunan tingkat profesionalisme personel,hanya terfokus pada satu masalah saja,penurunan kemampuan dalam menganalisa informasi ,bereaksi berlebihan dalam mengambil keputusan sehingga cenderung salah mengambil keputusan. Di dalam pekerjaan, stres akan berpengaruh pada pengetahuan yang kurang maksimal dalam pengoperasian alat peralatan dinas,kondisi abnormal dan beban kerja yang berlebihan sehingga pekerjaan tidak akan dapat diselesaikan dengan maksimal.

Baca juga:  Upacara Penerimaan Peserta Didik Baru Paud Angkasa KB Cendrawasih Lanud J.A.Dimara

Dengan demikian sangat diperlukan upaya untuk mangatasi stres antara lain,personel yang mengalami stres sebisa mungkin untuk senantasa mendekatkan diri kepada Tuhan, menghilangkan kebiasaan marah (mengontrol emosi),memiliki pola pikir yang sehat,selalu membiasakan diri untuk menjauhi rasa sakit hati.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel