Berita

Manuver Lapangan Rajawali Perkasa Lanud Halim Perdanakusuma 2015

Dibaca: 12 Oleh 30 Apr 2015Tidak ada komentar
Manuver Lapangan Rajawali Perkasa Lanud Halim Perdanakusuma 2015
#TNIAU 

Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Sri Pulung D.,S.E., MMgt.Stud., selaku pimpinan umum Latihan Satuan Rajawali Perkasa 2015 turut mengawasi jalannya manuver lapangan di areal latihan Lanud Halim Perdanakusuma. Kamis, (30/4) Seperti diketahui Latihan Satuan Rajasa 2015 telah dimulai sejak 28 April 2015 dengan kegiatan awal berupa geladi posko. Latihan bertujuan menguji kemampuan dan profesionalisme personel dengan yang melibatkan seluruh unsur di Lanud Halim Perdanakusuma yaitu empat Skadron Udara, Satpom, unsur Pengamanan, tim kesehatan juga unsur pangkalan lainnya.

Menurut Direktur Latihan (Dirlat) yang juga Komandan Wing 1 Kol Pnb Purwoko Aji P., M.M., MDS. Pada manuver lapangan ditunjukkan seluruh kemampuan operasi udara yang dimiliki Lanud Halim Perdanakusuma sekaligus tindakan yang dilakukannya. Kemampuan-kemampuan yang dilatihkan seperti penerjunan malam hari dengan pesawat Hercules, penerjunan pasukan satuan tempur (terjun payung) dengan pesawat Hercules, penerjunan bekal ulang dengan heli box menggunakan pesawat CN 295, air landed Paskhas di runway dengan pesawat CN 295, simulasi emergency landing Hercules, Penerbangan Pengungsian Medis Udara (PMU), VVIP boarding Bandara Halim, VVIP landing Halim, pesawat VVIP trouble, VVIP melaksanakan escape dengan helikopter karena ada demo masyarakat di depan bandara, pelaksanaan force down pesawat asing dan simulasi serangan udara lawan.

Baca juga:  Kursus Intensif Bahasa Inggris Angkatan ke-29 Resmi Ditutup

Ditambahkan Dirlat Rajasa sebagai pangkalan udara militer di ibukota, setiap awal tahun Lanud Halim Perdanakusuma menggelar latihan satuan guna mempersiapkan latihan di tingkat yang lebih tinggi yaitu latihan tingkat Kotama dan tingkat TNI AU “Angkasa Yudha”. Walaupun di Lanud Halim Perdanakusuma terdapat bandara komersial yang melayani penerbangan sipil, segala sesuatunya telah dikoordinasikan untuk mengetahui dan memahaminya. “Sehingga pihak bandara harus memaklumi aktivitas latihan dan penerbangan protokoler yang ada di Lanud Halim Perdanakusuma yang notabene merupakan juga pejabat sipil,” ujar Kol Pnb Purwoko Aji P., M.M., MDS. Akhirnya Komandan Wing 1menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada berbagai pihak yang telah mendukung rangkaian Latihan Satuan Rajawali Perkasa 2015 Lanud Halim Perdanakusuma yang telah berjalan dengan lancar.

Latihan Satuan Rajawali Perkasa 2015 Lanud Halim Perdanakusuma melibatkan ratusan personel dilaksanakan selama tiga hari..Tema latihan “Lanud Halim Perdanakusuma melaksanakan latihan operasi udara di tingkat satuan jajarannya guna mendukung tugas Komando Operasi TNI AU I dalam rangka menegakkan kedaulatan negara di udara serta mendukung penegakkan kedaulatan Negara di darat dan di laut.” Dalam skenario latihan diibaratkan ada gerombolan musuh bernama ISISI di daerah Subang yang ingin mengganggu kedaulatan Negara. Untuk itu, unsur-unsur Pangkalan di Lanud Halim Perdanakusuma melaksanakan koordinasi untuk penumpasannya.

Baca juga:  DIREKTUR PUSAT INFORMASI PBB KUNJUNGI SD ANGKASA 1 HALIM

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel