Berita

Manyar Terampil: Demo Udara Spektakuler

Dibaca: 55 Oleh 24 Mar 2022Tidak ada komentar
IMG 20220323 WA0076
#TNIAU 

TNI AU. Latihan Manyar Terampil kembali berlanjut. Disimulasikan, Menindaklanjuti perintah Komando atas berdasarkan rencana pelibatan Lanud Atang Sendjaja terhadap Rencana Operasi Koopsud I tahun 2022 maka segera disiapkan Satuan Pesawat Helikopter untuk melaksanakan tugas. Unsur helikopter yang terdiri dari NAS-332 Super Puma, SA-330 Puma, EC-725 Caracal dan AS-365 N3+ Dauphin. Satuan Pesawat Helikopter ini bertugas melaksanakan Operasi Udara Khusus untuk melaksanakan Operasi SAR Tempur, Operasi Mobilisasi Udara, melaksanakan Operasi Evakuasi Medis Udara dan Operasi Angkutan Udara

Selanjutnya, disimulasikan bahwa rombongan VVIP yang berada di SICC diserang oleh Pendemo sehingga mengakibatkan 1 orang tamu VVIP terluka. Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) memerintahkan Helikopter Kontijensi Darurat (Konjerat) untuk melaksanakan evakuasi medis udara ke SICC karena seluruh jalanan diblokade oleh Pendemo. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Lanud ATS telah menyiapkan 1 Helicopter Jenis EC-725 Caracal untuk melaksanakan misi Evakuasi Medis

Kemampuan pesawat EC-725 Caracal ini sangat kompatibel dengan pelaksanaan misi pertolongan medis udara. Dimana pesawat EC-725 Caracal ini mampu membawa 6 pasien tidur dan 16 pasien duduk. Dalam pelaksanaan terbang/evakuasi terhadap korban maximum Altitude yang diijinkan adalah 3000 ft menyesuaikan dengan adapatasi tubuh terhadap ketinggian. Helicopter Medevac ini mengutamakan aspek efektivitas dan efisien dimana para korban harus segera mendapatkan pertolongan medis.

Baca juga:  Wingday Sekbang TNI Terpadu A-97, Kasau: Airmanship dan Attitude Faktor Utama Menjadi Perwira Sejati

Helikopter akan melaksanakan terbang Pattern sembari para tenaga ahli kesehatan melaksankan misi medical evacuation dan akhirnya Helikopter pun berhasil landing dengan aman untuk kemudian para korban akan mendapatkan perawatan instensif di Rumah Sakit Hasan Toto Lanud Ats.

Selanjutnya, disimulasikan bahwa pesawat Hawk 100/200 Skadud 1 Lanud Supadio yang tengah melaksanakan Operasi Lintas Dadali-22 di wilayah udara NKRI di Pulau Serasan mengalami accident dimana pilot eject. Kejadian tersebut mengharuskan Unsur Helikopter melaksanakan operasi SAR Tempur untuk menyelamatkan pilot pesawat Hawk yang bernilai strategis.

Menindaklanjuti kejadian tersebut, Lanud Ats melaksanakan operasi pencarian dan peyelamatan terhadap Pilot pesawat tempur Hawk 100/200 sesuai dengan koordinat yang telah diterima. Dengan menggunakan 3 Helikopter Jenis EC-725 Caracal dari Skadron Udara 8 dengan Nomor registrasi HT-7201, Helikopter Kedua Jenis SA-330 Puma dari Skadron Udara 8 dengan Nomor registrasi HT-3315 dan Helikopter Ketiga Super Puma dengan Nomor registrasi NAS-332.

Ketiga Helicopter ini telah membawa komposisi regu SAR dari Komando pasukan gerak cepat TNI AU yang tebagi menjadi 2 regu, yaitu regu Tim Keamanan dan Tim penolong. Kedua regu ini memiliki peran masing masing dalam keberhasilan operasi ini. Masing masing personel Kopasgat ini merupakan prajurit prajurit handal dari korps baret jingga kebanggaan TNI AU. Kemudian Helicopter 1 EC-725 Caracal sebagai tim Escort yang melaksanakan Air Cover, hal ini bertujuan agar dalam pelaksanaan fastrope dan rappelling terhindar dari serangan yang dapat mengancam keselamatan Air Crew. NAS-332 Superpuma sebagai tim keamanan melaksanakan Fastrope dan AS-330 Puma sebagai tim penolong akan melaksanakan Rappeling.

Misi SAR Tempur berhasil dilaksanakan selanjutnya, unsur Helikopter melanjutkan Home Flight menuju Lanud Spo. Saat home flight salah satu helikopter terkena proyektil pada bagian fuel cell dan hidraulic landing gear sehingga pesawat mengharuskan untuk emergency landing di spot tanah lapang terdekat di wilayah tanjung datu yang aman dari ancaman separatis Serawak Merdeka. Infromasi dari Komando atas bahwa untuk koordinat helickpter telah diketemukan dan atas perintah dari komando atas, Lanud Atang Sendjaja disiapkan dukungan Banharlap dari Skatek 024 baik personel maupun materiil. Informasi yang didapatkan di lapangan ternyata akses kendaraan melalui jalur darat sangat tidak memungkinkan karena posisi pesawat ada di daerah ketinggian yang sangat sulit ditembus dengan jalur darat.

Baca juga:  Lanud Dhomber  Gelar Donor Darah  Memperingati Hari Bakti TNI AU Ke-74

Oleh karena itu Bantuan pemeliharaan lapangan tersebut harus di support menggunakan jalur udara. Harapannya dengan jalur udara tersebut Banharlap dapat dengan cepat sampai di lokasi. Mengatasi hal tersebut tentunya memerlukan dukungan pengamanan dan tim banharlap yang harus didukung menggunakan helikopter dengan melaksanakan operasi angkutan udara dengan membawa bahan bakar drum dengan teknik Sling Load.

Dengan menggunakan Jenis Helikopter EC 725 Caracal Banharlap dapat dikirim ke lokasi titik kordinat yang sudah ditentukan. Helikopter EC 725 Caracal mampu mengangkat beban max 5000 kg dengan beban minimum yang bisa diangkat adalah 13 kg untuk release kargo. Dengan menunggu beberapa saat akhirnya Banharlap berhasil/tiba pada tujuan. Perbaikan pun dilaksanakan dan akhirnya pesawat bisa melanjutkan misi guna melaksakan operasi dukungan udara selanjutnya.

Sementara itu BNPP Pusat mendapatkan informasi bahwa KRI Teluk Genteng yang melaksanakan Operasi Alur Arnawa-22 di Selat Sunda mengalami kebocoran lambung kapal, indentifikasi awal dikarenakan menabrak karang. Selanjutnya BNPP Pusat melalui Wing 4 Lanud Ats menerbangkan 1 Heli Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan Jenis AS-365 N3+ Dauphin untuk turut membantu mengevakuasi awak KRI Teluk Genteng dengan cara Hoist untuk selanjutnya diterbangkan ke Lanal terdekat. Dalam misi SAR ini Hali Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan berhasil menyelamatkan awak KRI Teluk genteng dalam keadaan aman. Hasil laporan dari BNPP pusat bahwa kerugian 1 KRI Teluk Genteng dengan Korban Personil Nihi.

Baca juga:  Danlanud Soewondo Sambut Kedatangan Panglima TNI

Dengan berakhirnya kegiatan Demo Udara, Rangkaian Kegiatan Latihan Manyar Terampil Pagi ini dapat selesi denga naman dan baik. Selanjutnya Latihan akan dilaksanakan pada malam hari.

IMG 20220323 WA0070

IMG 20220323 WA0039

IMG 20220323 WA0043 1

IMG 20220323 WA0044 1

IMG 20220323 WA0049

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel