TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Marsda TNI Edy Sunarwondo Jabat Koorsahli Kasau

By 12 Jun 2014Berita
1280px-AURI_Oscar

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia melantik Marsda TNI Edy Sunarwondo sebagai Koordinator Staf Ahli Kasau menggantikan Marsda TNI Sru Astjarjo Andreas di Mabesau, Cilangkap, Kamis (12/6).

Kasau dalam sambutannya mengatakan, Koorsahli Kasau mempunyai fungsi melaksanakan tugas-tugas khusus dari Kasau serta melaksanakan pengkajian terhadap permasalahan aktual sesuai bidang keahlian tugas masing-masing staf ahli. Selain itu staf ahli Kasau juga mempunyai tugas memberikan saran pertimbangan kepada Kasau terkait masalah-masalah strategis sesuai bidang keahliannya serta membantu penyelesaian masalah-masalah yang belum terwadahi dalam organisasi struktural. Dengan demikian, keberadaan Staf ahli Kasau tidak ubahnya sebagai “Think Thank” Angkatan Udara yang setiap saat menjadi tempat pemikiran dan kajian untuk mendukung pelaksanaan tugas-tugas TNI Angkatan Udara.

Dikatakan, perkembangan lingkungan strategis baik pada tingkat global, regional maupun nasional sangat dinamis. Kondisi ini secara langsung maupun tidak akan berpengaruh terhadap kondisi pertahanan dan keamanan negara. Staf ahli Kasau dituntut untuk selalu pro aktif dan inovatif, baik dalam melakukan kajian maupun memberikan saran pertimbangan kepada pimpinan, khususnya yang terkait dengan isu-isu yang berdampak pada keberadaan TNI Angkatan Udara khususnya maupun TNI serta bangsa dan negara pada umumnya. Saran dan kajian tersebut, sangat penting sebagai bahan pertimbangan pimpinan dalam pengambilan keputusan dan menentukan kebijakan lebih lanjut.

“Selaku alat pertahanan negara, kita mempunyai tanggung jawab moral, untuk menjaga dan menjamin seluruh proses Pemilu Presiden dan Wakil Presiden dapat berjalan dengan aman dan lancar. Kita perlu mencermati dan mengikuti serta mewaspadai setiap perkembangan yang terjadi. TNI Angkatan Udara adalah tentara profesional dengan berpegang pada Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, tidak terlibat dalam politik praktis, karena politik tentara hanya satu yaitu politik negara, yang berarti fokus pada tugas dan tanggung jawabnya mempertahankan NKRI serta tidak masuk dalam urusan yang bukan menjadi tugas dan fungsinya”, tegas Kasau.

Hadir pada acara tersebut Wakasau Marsdya TNI Bagus Puruhito, para Asisten Kasau, para Kepala Dinas, serta pejabat Mabesau lainnya.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Marsda TNI Edy Sunarwondo Jabat Koorsahli Kasau