TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Marsda TNI Ida Bagus Anom Jabat Asops Kasau

By 09 Oct 2014Berita
M-458_NA_B-25_Mitchell_Indonesian_Airforce_(7168661149)

Sesuai Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, dimana Angkatan Udara yang merupakan bagian integral dari TNI dan sebagai alat negara untuk melaksanakan tugas matra udara, memiliki dinamika operasional yang selalu menunjukkan trend meningkat, khususnya berkaitan dengan tugasnya dalam “Operasi Militer Selain Perang” atau “OMSP”. 

Hal tersebut dikatakan Kasau Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia, pada serah terima jabatan Asisten Operasi (Asops) Kasau dari Marsda TNI Sudipo Handoyo kepada Marsda TNI Ida Bagus Anom Manuaba, dimana Marsda TNI Sudipo Handoyo selanjutnya menjabat sebagai Asisten Logistik Kasau, Kamis (9/10). Marsda TNI Ida Bagus Anom Manuaba merupakan lulusan AAU tahun 1981 sedangkan Marsda TNI Sudipo Handoyo merupakan lulusan AAU tahun 1982. 

Dikatakan, tanpa mengabaikan tugas pokok melalui “Operasi Militer untuk Perang” atau “OMP”, hal itu tampak begitu nyata jika dilihat dari tiga parameter, yaitu ancaman yang bersifat non-militer, perkembangan lin gkungan strategis global dan regional, serta posisi dan karakter geografi negara Indonesia yang terbentang luas. Dengan ketiga parameter tersebut, diharapkan kesiapan dan kesiapsiagaan TNI Angkatan Udara untuk digerakkan dan dikerahkan ke seluruh penjuru tanah air guna menanggulangi ancaman militer (OMP) dan tugas perbantuan untuk mengatasi ancaman non-militer (OMSP) selalu tepat. 

Peran Staf Operasi dalam mewarnai dinamika penugasan TNI Angkatan Udara, baik OMP maupun OMSP, tetap tergantung kepada logistik yang berhulu pada dukungan anggaran. Pengelolaan dukungan bekal, pengadaan alat dan peralatan, pembangunan fasilitas dan konstruksi serta pelayanan kesehatan dan angkutan harus dilaksanakan secara baik dan benar sesuai aturan dan mekanisme yang berlaku, mulai dari tingkat satuan terendah sampai tingkat Mabesau. 

Jabatan Asisten Operasi yang merupakan pembantu Kasau dibidang operasi memiliki tugas menyelenggarakan fungsi staf umum dibidang kemampuan operasi yang meliputi perencanaan, latihan, dukungan, komunikasi dan perang elektronika serta pembinaan profesi operasi. Demikian pula halnya dengan Asisten Logistik yang memiliki tugas dan tanggung jawabnya membantu Kasau dalam bidang logistik untuk menyelenggarakan fungsi staf umum, pembinaan logistik dan dukungan logistik yang meliputi bidang Aeronautika, Komlek, Faskon, materiil umum, kesehatan dan khusus serta melaksanakan penata usahaan BMN tingkat eselon I. 

Dengan demikian, keberhasilan dalam mengimplementasikan tugas pada jabatan-jabatan strategis tersebut, akan sangat mewarnai keberhasilan pelaksanaan tugas-tugas TNI Angkatan Udara secara keseluruhan. 

Hadir pada acara tersebut Asrena Kasau Marsda TNI Mawardi, Aspam Kasau Marsda TNI Zulhasymi, Pangkohanudnas Marsda TNI Hadiyan Sumintaatmaja, Pangkoopsau I Marsda TNI Dwi Putranto, Dankodikau Marsda TNI Nurullah, Dankoharmatau Marsda TNI Sumarno, Gubernur AAU Marsda TNI Sugiharjo, Danseskoau Marsda TNI Potler Gultom, Dankorpaskhasau Marsda TNI M. Harpin Ondeh, serta para pejabat di lingkungan Mabesau.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Marsda TNI Ida Bagus Anom Jabat Asops Kasau