Berita

Marsdya TNI Andyawan Martono Resmi Jabat Panglima Koopsudnas

Dibaca: 464 Oleh 31 Jan 2022Tidak ada komentar
Marsdya TNI Andyawan Martono Resmi Jabat Panglima Koopsudnas
#TNIAU 

TNI AU. Jakarta. Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., melantik dan mengukuhkan Marsdya TNI Andyawan Martono Putra, S.I.P., M.Tr.(Han) sebagai Panglima Komando Operasi Udara Nasional dalam suatu upacara militer yang bertajuk Peresmian Koopsudnas, Likuidasi Kohanudnas serta Alih Kodal Koopsau I, II, III, dan Korpaskhas di Lapangan upacara  Makoopsudnas, Halim Perdanakusuma, Jakarta. Jumat (28/01/2021).

Dalam amanatnya Kasau menegaskan, “Seiring dengan kebijakan pertahanan negara 2020-2024, pembangunan postur TNI AU diarahkan untuk memiliki daya tanggal yang strategis dan mobilitas tinggi”.

“Untuk itu, Mabes TNI AU telah mengantisipasi dengan menyusun rencana strategis secara komprehensif. Salah satunya melalui alih komando, integrasi dan perubahan nomenklatur satuan Koopsau menjadi Koopsud, Koorpaskhas menjadi Kopasgat, dan Kosekhanudnas menjadi Kosek Koopsud,” ujar Kasau.

“Seiring kompleksitas tantangan masa depan dan perkembangan teknologi matra udara, kita dituntut untuk mampu menghadapi berbagai bentuk ancaman kinetik maupun non kinetik yang dapat hadir sewaktu-waktu, ini untuk unity of command,” tegas Kasau.

Baca juga:  WINGDIKUM "34 PERSONIL NAIK PANGKAT"

Selanjutnya Kasau menjelaskan latar belakang validasi Kohanudnas, “Dasar Validasi organisasi Kohanudnas menjadi Koopsudnas adalah Perpres nomor 66 tahun 2019 tentang organisasi tugas dan jabatan di lingkungan TNI. Ditindaklanjuti dengan Perpang TNI nomor 43 tahun 2019 tentang struktur organisasi tugas jajaran TNI AU,” jelas Kasau.

Sebelum peresmian Koopsudnas hari ini, pada tanggal 26 Januari 2022 Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, PhD., telah mengalihkan komando dan pengendalian Koopsudnas dari Mabes TNI kepada Mabes TNI AU (Sesuai Keputusan Panglima TNI nomor Kep/46/I/2022).

Tugas Koopsudnas sebagai Kotama Operasional adalah menyelenggarakan operasi pertahanan matra udara sesuai dengan kebijakan Panglima dan penegakan hukum, serta menjaga keamanan di wilayah udara guna mendukung tugas TNI Angkatan Udara.

Tugas Koopsudnas sebagai Kotamabin menyelenggarakan pembinaan dan kemampuan kesiapan operasional satuan dalam jajarannya, serta melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan udara guna mendukung tugas TNI Angkatan Udara.

Pangkoopsudnas memiliki 4 unsur pelaksana yaitu, Pangkoopsud I, Pangkoopsud II, Pangkoopsud III, dan Dankopasgat. Yang membawahi Lanud, Kosek, Skadron Udara, Satuan Radar, Satuan Rudal, serta Yonko Pasgat.

Baca juga:  Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017 Di Kosekhanudnas III   

Pelantikan Marsdya TNI Andyawan Martono P., S.I.P., M.Tr.(Han) sebagai Pangkoopsudnas yang pertama dan peresmian Koopsudnas hari ini telah menorehkan sejarah baru bagi lingkungan TNI Angkatan Udara, secara khusus bagi satuan Koopsudnas sendiri.

Selanjutnya Marsda TNI Ir. Novyan Samyoga, M.M., yang sebelumnya menjabat sebagai Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Pangkohanudnas) menempati jabatan baru sebagai Kepala Staf Komando Operasi Udara Nasional (Kas Koopsudnas). (Sesuai Surat Keputusan Nomor 66/2022 tanggal 21 Januari tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI).

Para pejabat yang hadir pada acara, Sekjen Kemhan Marsdya Donny Ermawan Taufanto, M.D.S.,  Wagub Lemhanas Marsdya TNI Wieko Sofyan, Dansesko Marsdya TNI  Yudanardi,  Kepala BNPP  Marsdya TNI Hendri Alfianfi, Wakasau Marsdya TNI Gustaf Brugman, Dankodiklat AU Marsdya TNI Tatang Harlyansyah, para pejabat TNI AU, AD, AL, Polri, mantan Kasau, anggota Koopsudnas.

Rangkaian upacara digelar degan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 berlangsung dengan khidmat, aman dan lancar.

Marsdya TNI Andyawan Martono Resmi Jabat Panglima Koopsudnas

Marsdya TNI Andyawan Martono Resmi Jabat Panglima Koopsudnas

Marsdya TNI Andyawan Martono Resmi Jabat Panglima Koopsudnas

Marsdya TNI Andyawan Martono Resmi Jabat Panglima Koopsudnas

Marsdya TNI Andyawan Martono Resmi Jabat Panglima Koopsudnas

Marsdya TNI Andyawan Martono Resmi Jabat Panglima Koopsudnas

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel