Berita

Marsdya TNI (Purn) Ginanjar Kartasasmita Berbagi Pengalaman Kepada Capaja AAU 2021

Dibaca: 11 Oleh 06 Jul 2021Tidak ada komentar
IMG 7024
#TNIAU 

TNI AU.  Mantan Wakil Ketua MPR RI Marsdya TNI (Purn) Prof. Dr. Ir. Ginanjar Kartasasmita, M.Eng., memberikan pembekalan kepada 91 Calon Perwira Remaja (Capaja) Akademi Angkatan Udara (AAU) di gedung Sabang Merauke Ksatrian AAU, Yogyakarta, Senin (5/7/2021).

Marsdya TNI (Purn) Prof. Dr. Ir. Ginanjar Kartasasmita, M.Eng., yang saat ini menjabat Wakil Ketua Umum Palang Merah Indonesia periode 2019-2024 hadir untuk memberikan pembekalan sekaligus berbagi pengalaman kepada para Capaja AAU yang akan dilantik Presiden RI Joko Widodo pada 13 Juli mendatang.

Gubernur Akademi Angkatan Udara Marsda TNI Nanang Santoso, dalam sambutannya mengungkapkan rasa hormat sekaligus penghargaan yang tinggi atas kehadiran Marsdya TNI (Purn) Prof. Dr. Ir. Ginanjar Kartasasmita, M.Eng. di Kesatrian AAU untuk berbagi pengalaman guna memperluas cakrawala ilmu dan wawasan sebagai bekal Capaja AAU mengawali langkah penugasannya.

Ginanjar Kartasasmita sosok Professor jebolan National Graduate Institute For Policy Studies, Tokyo Japan, dihadapan para Capaja AAU, selain mengungkapkan kebanggaannya selama lebih dari separuh abad mengabdi sebagai Perwira TNI Angkatan Udara, juga menekankan pentingnya human capital dalam menghadapi tantangan global. Menurutnya menghadapi kecenderungan global, human capital yang meliputi good health, knowledge of popular culture. Selain itu sebagai Perwira nantinya Capaja 2021 harus mempersiapkan diri menjadi leader dengan bekal kemampuan relationship, ability to organize and lead other people, capacity to adjust and innovative in the face of changing condition. Harus diingat bahwa kompetensi dan karakter serta keteladanan sebagai unsur utama kepemimpinan. Hal tersebut perlu dipedomani para Capaja AAU dalam mengemban tugas sebagai perwira pengawal Dirgantara Nasional.

Baca juga:  CERAMAH DAN SURVEY LAMBANGJA DI LANUD MERAUKE

Lebih lanjut dikatakan bahwa kompetensi dan karakter adalah bagaikan dua muka dari mata uang yang tidak dapat terpisahkan. Keduanya harus ada agar lembar kertas atau keping logam itu ada nilainya. Karakter adalah moral kompas dari kompetensi, sedangkan faktor kepemimpinan akan menentukan maju mundurnya suatu bangsa. Jadilah prajurit yang berkarakter luhur yang selalu dekat dengan Tuhan, memiliki ilmu yang bermanfaat bagi organisasi, serta terus menjaga kesemaptaan diri untuk menghadapi segala penugasan kalian.

Selain itu, Profesor Ginanjar Kartasasmita juga menekankan kepada para Capaja tentang beberapa hal, diantaranya selalu menjaga sikap konsisten, memperhitungkan setiap resiko, melakukan sesuatu yang terbaik, tidak mudah menyalahkan orang lain. Belajarlah dari kesalahan dan jujur pada diri sendiri, selalu mendengarkan orang lain, jangan jadi budak dari sebuah ambisi. Peganglah kata-kata yang bisa dipercaya, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kesetiaan.

Menghadapi perkembangan pandemi Covid-19 saat ini dan dampaknya secara global dan nasional, tentunya sangat berpengaruh terhadap situasi dan kondisi serta dinamika tantangan tugas ke depan yang terus berkembang. Oleh karenanya, di pundak kalianlah para Calon Perwira Remaja, Angkatan Udara kedepan akan menjadi lebih kuat dan menjadi kebanggan Indonesia, ungkapnya.

Baca juga:  Komandan Lanud Silas Papare Pimpin Rapat Kesiapan Protokol CDM Meeting

IMG 7027

DSC 0019

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel