TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

MARSMA TNI AGUS SUPRIATNA MENJABAT PANGKOOPSAU II

By 13 Jun 2012 08:34Berita
M-458_NA_B-25_Mitchell_Indonesian_Airforce_(7168661149)

Kasau Marsekal TNI Imam Sufaat, S.IP melantik Marsekal Pertama TNI Agus Supriatna sebagai Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara II (Pangkoopsau II) yang baru menggantikan Marsekal Muda TNI Ismono Wijayanto di Apron galaktika Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Selasa (12/6), selain dihadiri para pejabat teras dari Mabesau Jakarta diantaranya Aslog Kasau Marsda TNI Johny FP. Sitompul, Pangkohanudnas Marsda TNI F.H.B. Soelistyo, S.Sos, Pangkoopsau I Marsda TNI Bagus Puruhito, hadir pula Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, Pangdam VII/Wirabuana, Danlantamal VI Makassar, Kapolda Sulselbar dan para Muspida provinsi Sulsel lainnya, Walikota Makassar Dr. Ilham Arif Sirajuddin, Kas Koopsau II Marsma TNI A. Dwi Putranto, Ketua Pia Ardhya Garini Pusat Ny. Imam Sufaat, Pangkosekhanudnas II Marsma TNI Agoes Haryadi, Danlanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Barhim, para pejabat Sipil, TNI/Polri di wilayah Sulsel.

Pejabat lama Marsda TNI Ismono Wijayanto merupakan alumnus Akademi Angkatan Udara tahun 1983 selanjutnya menduduki jabatan baru sebagai Asops Kasau Mabesau jakarta, sementara Marsma TNI Agus Supriatna yang juga alumnus AAU tahun 1983, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Koopsau I jakarta.

Kasau Marsekal TNI Imam Sufaat, S.IP dalam sambutannya mengatakan, ”Koopsau II Sebagai penjuru dari kegiatan Angkatan Udara di Indonesia timur, harus menentukan kegiatan dan sasaran yang menjadi prioritas. Sasaran tersebut harus dirumuskan secara tajam dan jelas untuk menjadi acuan bagi kegiatan dibidang lainnya”, ungkapnya. Dikatakan untuk merespon perkembangan dinamika lingkungan strategis pada lingkup nasional, masih dihadapkan dengan permasalahan seperti terorisme, konflik vertikal maupun horisontal, illegal logging, illegal fishing, gerakan sparatis, serta bencana alam, Koopsau II harus lebih peka dan lebih responsif dalam menyiapkan langkah-langkah konkrit khususnya penyiapan alutsista maupun perangkat pendukungnya untuk penanganan permasalahan tersebut, khususnya pengamanan wilayah perbatasan dan pulau-pulau terdepan, pemantauan illegal fishing dan illegal logging yang potensinya sangat besar terjadi di wilayah Koopsau II.

Sementara Marsma TNI Agus Supriatna yang baru dilantik menjadi Pangkoopsau II, dihadapan para awak media menyatakan ”Saya akan melanjutkan apa yang telah dirintis Panglima sebelumnya, selama belum ada instruksi dari pimpinan pusat. Kedepan setelah pesawat tempur F-16 hibah dari Amerika Serikat sudah ada tentu akan ada program baru, untuk lebih mengintensifkan tugas pengamanan udara di wilayah tanggung jawab Koopsau II”. Pangkoopsau II berharap, agar masyarakat khususnya di Sulawesi Selatan bisa bersinergi dengan TNI untuk tetap mewujudkan keamanan, serta semoga tambahan pesawat tempur bisa lebih maksimal dalam mewujudkan kedaulatan NKRI yang disegani.

Dalam rangkaian Sertijab Pangkoopsau II juga diserah terimakan Ketua PIA Ardhya Garini daerah II Koopsau II dari Ny. Leny Ismono Wijayanto kepada NY. Agus Supriatna, di gedung Serba Guna Lanud Sultan Hasanuddin, yang disaksikan Ketua PIA Ardhya Garini Pusat Ny. Maya Imam Sufaat beserta pengurus PIA Pusat, Mabesau, Jakarta.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

MARSMA TNI AGUS SUPRIATNA MENJABAT PANGKOOPSAU II