Berita

MASJID BAITURRAHMAN LANUD ABD SALEH DILENGKAPI MENARA

Dibaca: 16 Oleh 04 Okt 2012Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Masjid Baiturrachman Lanud Abd Saleh yang diresmikan pada tahun 1972 dan telah dilakukan beberapa kali renovasi, dan setahun yang lalu juga dilakukan restorasi pembangunan secara total dan telah diresmikan penggunaannya oleh Komandan terdahulu. Namun demikian pembangunan masjid tersebut belum sempurna karna belum ada menara yang berfungsi untuk mengumandangkan azan dan keindahan masjid.

Oleh karena itulah untuk melengkapi kekurangan dari masjid Baiturrahman tersebut, Komandan Lanud Abd Saleh Marsma TNI Gutomo, S. IP. disaksikan para pejabat Lanud melakukan peletakkan batu pertama bagi pembangunan dua menara Masjid Baiturrahman Lanud Abd Saleh. (4/10).

Komandan menjelaskan bahwa dengan dibangunnya dua menara masjid Baiturrachman ini, maka akan semakin sempurna fasilitas yang dimiliki masjid Bairurrahman dan bermanfaat bagi umat muslim khususnya anggota beserta keluarganya yang akan melaksanakan sholat berjamaah atau melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan.

Selanjutnya dikatakan, menara masjid berfungsi sebagai tempat pengeras suara untuk mengumandangkan azan, panggilan untuk solat umat Islam. Menara masjid dibangun untuk menandakan masuknya waktu shalat, iftar dan imsak serta sebagai pengumuman sesuatu perkara penting. Selain itu menara juga menjadi simbol penting kepada seni arsitektur dan sebagai petunjuk arah kepada musafir tentang keberadaan sebuah masjid.

Baca juga:  Lanud Rembiga Jalim Kekompakan dengan Korve Bersama

Pembangunan menara masjid ini di perkirakan selesai pada bulan Februari 2013, dan diharapkan pembangunannya dapat berjalan dengan lancar dan sukses serta masjid ini dapat digunakan untuk Sholat Idul Fitri mendatang karena masjid ini dapat menampung 3000 orang.

Sementara Kasi Bintal Lanud Abd Saleh Mayor Sus Uwar menjelaskan Sumber dana dalam pelaksanaan pembangunan menara Masjid Baiturrachman diperoleh dari swadaya umat Islam warga Lanud Abd Saleh dan para donator serta bantuan jasa dari anggota Lanud Abd Saleh.

Pemancangan menara masjid Baiturrachman ditandai dengan peletakaan batu pertama disamping kanan masjid serta pemotongan tumpeng oleh Komandan Lanud Abd Saleh dan diberikan kepada pengelola yang akan membangun menara masjid tersebut.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel