Berita

Masuk WARA bisa menjadi Penerbang dan Pramugari

Dibaca: 1210 Oleh 29 Jan 2015Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Pada tahun 2015 TNI Angkatan Udara membuka kesempatan kepada putra putri terbaik bangsa untuk bergabung menjadi Prajurit TNI AU. Panda (Panitia Daerah) Yogyakarta dan Jawa Tengah menyelenggarakan pendaftaran dan rekruitmen di Lanud Adisutjipto. Personel Bintara Laki-laki dan WARA TNI Angkatan Udara dimulai tanggal 20 Januari s.d 14 Maret 2015. Seperti halnya pelaksanaan rekruitment tahun 2014 TNI Angkatan Udara khususnya untuk Bintara Wanita atau WARA mendidik 33 calon Wanita Angkatan Udara (WARA).

Kasibinpersman Letkol Adm Nurul Ardiyanto saat memantau pendaftaran Calon Siswa Bintara menjelaskan penerimaan Bintara TNI AU tahun 2015 khususnya Bintara Wanita berijazah SMA/MA semua jurusan. Sedangkan SMK bidang keahliannya perkantoran, Akuntansi, Manajemen, Teknik Informatika dan Paramedis.

Di tempat terpisah Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Yadi I. Sutanandika M.S.S. selaku Ketua Pantukhir Daerah memberikan penjelasan bahwa para calon siswa yang mengikuti tes atau seleksi diharapkan tidak hanya sekedar memenuhi persyaratan administrasi saja, tetapi bidang akademis dan kesamaptaan jasmani. Ia juga menambahkan bahwa kedepan calon prajurit TNI AU yang direkrut harus memiliki intelegensia yang baik dan fisik yang kuat.

Baca juga:  Danlanud Soewondo Mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Di Lapangan Benteng Medan

Mengenai penerimaan WARA selain Bintara TNI AU juga telah menerima Taruni Akademi Angkatan Udara sejak tahun 2012, Untuk Taruni dilaksanakan sekitar bulan Maret 2015. Bintara WARA selain ditugaskan di tempat-tempat yang sudah ditentukan oleh dinas TNI AU pada tiap satuan, juga berkesempatan menjadi seorang Pramugari yang mengawaki pesawat VIP dan VVIP. Selain hal tersebut WARA juga diberikan kesempatan untuk bertugas pada satuan Polisi Militer, Intelijen, tekhnisi pesawat bahhkan menjadi Penerbang TNI AU. Para calon Bintara WARA yang terpilih akan dididik di Skadron Pendidikan 105 Kaliurang sedangkan Bintara Pria akan dilaksanakan di Pangkalan Adi Soemarmo Surakarta.

Letkol Adm Nurul Ardiyanto juga menjelaskan setelah lulus tingkat daerah, para calon siswa Bintatra diwajibkan mengikuti seleksi tingkat pusat, yang meliputi Administrasi, Screening Pom, Kesehatan Umum Calon Prajurit TNI dan kesehatan jiwa, Kesamaptaan Jasmani, Psikologi dan Penelitian Personel serta Akademis dan tes Panthokir Pusat yang rencananya akan dilaksanakan di Pangkalan Udara Adi Soemarmo.

Teknis pendaftaran dan keterangan lebih lanjut bagi pemuda pemudi yang berminat langsung dapat hadir di Lanud Adisutjipto di Kantor Pendaftaran Prajurit TNI AU Lanud Adisutjipto atau telp ke (0274) 488466 pswt 5071 atau 5068. 

Baca juga:  Wasrikkap Irkoopsau II Di Lanud Rembiga

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel