TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Masyarakat Banjiri Sultan Iskandar Muda Open Base 2019

By 04 Mar 2019 Berita
ramai__pengunjung

TNI AU. Menyambut HUT TNI Angkatan Udara Ke-73, Pangkalan TNI AU Sultan Iskandar Muda dibuka secara umum untuk dikunjungi masyarakat yang dikemas dalam kegiatan “Sultan Iskandar Muda Open Base 2019” Sabtu (2/3). Meskipun acara dimulai pukul 09.00 WIB, namun sejak pagi masyarakat sudah berdatangan dan membanjiri Lanud Sultan Iskandar Muda dengan berbagai kendaraan, baik sipil maupun umum.

F-16_melintas_2Menurut salah satu pengunjung, pemerintah Aceh memberikan kemudahan dalam tranportasi dimana sebelum menuju Lambaro, Trans Kutaradja terlebih dahulu memutar di depan pintu utama Lanud Sultan Iskandar Muda. “Kami sangat terbantu atas kemudahan ini, apalagi yang dari kota menuju Blang Bintang ini, terima kasih kami sangat terbantu,” ujar salah satu pengunjung.

Tepat pukul 09.00 WIB, Sultan Iskandar Muda Open Base 2019 dibuka dengan suara gemuruh pesawat tempur F-16 Fighting Falcon Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin yang melintas di atas pengunjung sebelum kembali ke home base di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru. Tepuk tangan meriahkan suasana dan tidak jarang masyarakat mengangkat handphone-nya untuk mengabadikan momen terbaik saat melintasnya alutsista TNI Angkatan Udara didepannya. Tidak lama berselang, giliran Helikopter SA-330 Puma Skadron Udara 8 Lanud Atang Sendjaja yang ujung gigi berkolaborasi dengan Kipan C Yonko 469 Paskhas melakukan demonstrasi search and rescue (SAR) yang diskenariokan terdapat salah satu personel Lanud Sultan Iskandar Muda yang mengalami luka akibat pertempuran, kemudian setelah menerima laporan dan perintah pimpinan, tim evakuasi menjemput korban.

F-16_melintasSemua pengunjung, terdiam menyaksikan satu persatu prajurit Paskhas turut dengan seutas tali kemudian mengamankan lokasi, memberikan pertolongan pertama selanjutnya mengggunakan tandu darurat memindahkan korban ke daerah yang lebih aman sambil menunggu waktu penjemputan dan korban berhasil dievakuasi. Berakhirnya demonstrasi tersebut, berbarengan dengan tepuk tangan dan sorak sorai masyarakat yang memenuhi apron Lanud Sultan Iskandar Muda.

Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Hendro Arief H., S.Sos., yang turut mengawasi kegiatan mengapresiasi kemampuan prajurit TNI Angkatan Udara baik Skadron Udara 16 Lanud Roemin Nurjadin, Skadron Udara 8 Lanud Atang Sendjaja dan Kipan C Yonko 469 Paskhas Banda Aceh. “Ini membuktikan bahwa lebih baik siap tetapi tidak terpakai daripada tidak siap dan terdadak untuk melaksanakan tugas,” ujarnya sambil bertepuk tangan dan menjelaskan animo masyarakat yang hadir juga sangat mengaggumkan, menurutnya jumlah pengunjung yang datang diluar perkiraan.

demonstrasi_SAR“Selamat datang di Lanud Sultan Iskandar Muda,”katanya menyapa para pengunjung yang sebagian besar pelajar baik TK, SD, SMP dan SMA di wilayah Aceh yang diperbolehkan lebih dekat dengan alutsista TNI Angkatan Udara yang merupakan milik rakyat Indonesia. Rencananya kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 2 dan 3 Maret 2019, dimana pada hari pertama dilaksanakan home flight 2 pesawat tempur F-16, demonstrasi SAR, static show, foto komunitas, dan lomba rangking 1 tingkat Sekolah Dasar yang telah dipilih panitia.

“Kami berharap kegiatan ini mampu membuka wawasan masyarakat tentang keberadaan TNI Angkatan Udara yang berasal dari rakyat, untuk rakyat dan oleh rakyat, sehingga masyarakat lebih mengenal, lebih dekat untuk bersinergi meningkatkan kemanunggalan TNI Rakyat dalam menjaga keutuhan wilayah Indonesia,” katanya sambil mengajak pengunjung untuk hadir kembali esok hari untuk berolahraga bersama baik senam sehat, air force run, fun bike, menanampohon bersama, lomba mewarnai, demonstrasi paramotor binaan Lanud Sultan Iskandar Muda dan masih banyak kegiatan atraktif, edukatif dan menghibur lainnya.

Pos Terkait

Kirim Komentar/Pertanyaan

Masyarakat Banjiri Sultan Iskandar Muda Open Base 2019