TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Mau Setaraf Dengan Dunia Internasional, Miliki Angkatan Udara Yang Sebaik-baiknya

By 09 Apr 2018Berita
DSC_1716
DSC_1744

Pelaksanaan upacara HUT TNI AU ke 72 tanggal 9 April 2018 di Lanud Ats (9/4/2018)

TNI AU. Hari TNI Angkatan Udara yang jatuh pada tanggal 9 April, hari ini, Senin (9/4) diperingati di Lanud Atang Sendjaja dalam bentuk upacara, dengan inspektur upacara (irup) Komandan Wing 4 Lanud Atang Sendjaja, Kolonel Pnb Bambang Juniar D, S.Sos, yang sekaligus membacakan sambutan Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Yuyu Sitisna, S.E., M.M., bertempat di Main Appron Lanud Ats.

Mengawali sambutannya, Kasau menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh personel TNI Angkatan Udara. “Selaku Kepala Staf Angkatan Udara, saya mengucapkan Selamat dan Dirgahayu kepada seluruh personel TNI Angkatan Udara di manapun berada dan bertugas, disertai harapan semoga senantiasa siap dalam menghadapi dinamika tantangan tugas di masa depan”, ucap Marsekal TNI Yuyu Sitisna, S.E., M.M.

Selanjutnya Kasau mengungkapkan bahwa momentum peringatan hari jadi Angkatan Udara, pada hakekatnya merupakan upaya pelestarian nilai-nilai historis perjuangan pengabdian Angkatan Udara sejak awal kelahirannya, sehingga ingatan kita selalu kembali kepada jasa para pahlawan, khususnya para perintis dan pendahulu Angkatan Udara. “Oleh karena itu, setiap tanggal 9 April merupakan saat yang tepat untuk terus menggali semangat pengabdian, pantang menyerah dan dedikasi tinggi para pejuang, pelopor, sesepuh dan senior Angkatan Udara yang implementasinya sangat relevan bagi keberadaan TNI AU”, ungkap Kepala Staf Angkatan Udara.

“Saya ingin mengutip pernyataan Bapak Presiden Soekarno pada Hari Peringatan Lima Tahun AURI, tanggal 9 April 1951. Beliau menyatakan “bahwa jika Angkatan Perang kita hendak berdiri setaraf, setinggi, sederajat dengan angkatan perang dunia internasional, kita harus mempunyai Angkatan Udara yang sebaik-baiknya”, papar Kasau. “Pernyataan Presiden pertama tersebut, lanjutnya, menggambarkan bahwa keberadaan Angkatan Udara dalam Angkatan Bersenjata yang bertugas menjaga kedaulatan negara, memiliki makna strategis dan penting sebagai effect deterrent di bidang pertahanan sebuah negara. Selain itu juga, nilai-nilai patriotisme dari para pelopor TNI Angkatan Udara, harus tumbuh subur di hati sanubari generasi penerus dalam melaksanakan tugas pengabdiannya.

DSC_1843

Penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba dalam rangka HUT TNI AU ke 72 Lanud Ats (9/4/2018)

Terkait dengan tahun politik, Kasau menginatkan agar seluruh personel TNI Angkatan Udara tidak terlibat politik praktis. “Mencermati perkembangan situasi politik di Tanah Air saat ini, saya tekankan kepada seluruh anggota TNI AU agar tidak terlibat dalam politik praktis serta menjaga netralitas TNI dalam proses Pilkada dan Pemilu, yang diwujudkan dengan tidak memihak salah satu calon atau partai politik peserta Pemilu, baik langsung atau tidak langsung maupun penggunaan sarana kedinasan untuk kegiatan Pilkada atau Pemilu.

Setelah pelaksanaan upacara, dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba yang terdiri dari lomba melukis, lomba fotografi, volly ball putra dan putri, gateball, dan tenis lapangan, oleh Komandan Wing 4 Lanud Ats, Kolonel Pnb Bambang Juniar D, S.Sos.

Hadir dalam upacara HUT TNI AU yang ke 72 tanggal 9 April 2018, Kadislog Lanud Ats, Kolonel Tek Amin Rahardjo, para perwira staf Lanud Ats dan Wingdikum, purnawirawan, Pengurus PIA AG Cabang 3/Daerah I Lanud Ats, serta tamu undangan lainnya.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Mau Setaraf Dengan Dunia Internasional, Miliki Angkatan Udara Yang Sebaik-baiknya